Buntut 442 Tahanan Kabur, Menkuham Minta Polisi Proses Kepala Rutan Pekanbaru

Potretkota.com – Dari total 1870 tahanan Rutan Kelas II Sialang Bungkuk Pekanbaru, sedikitnya 442 tahanan kabur. Mereka melarikan diri usai bentrok di kamar Blok C, yang berisikan 100 tahanan, Jumat (5/5/2017) siang. Informasi yang didapat Potretkota.com, selain karena over kapasitas, para tahanan juga mengeluh tentang tindakan petugas jaga, kamar, pungutan liar dan fasilitas lainnya.

Mengetahui hal tersebut, pada wartawan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (PAS) Kemenkumham I Wayan Kusmiantha Dusak, akan mencopot Kepala Rutan Pekanbaru, Teguh Triahatmanto. “Dia yang bertanggungjawab penuh. Nanti kita ganti karena dia tidak mampu mengendalikan rutan,” katanya.

Sementara, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly, mengaku tahanan kabur di Rutan Kelas II Sialang Bungkuk Pekanbaru, merupakan sejarah terbesar. “Jumlah ini sangat besar. Ini yang pertama kalinya,” paparnya pada wartawan, Minggu (7/8/2017).

Saat berkunjung di Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru, Yasonna menyebut, perbuatan Kepala Rutan Pekanbaru dan pegawainya keterlaluan. “Kepala Rutan saya ganti dan semua pegawai kita mutasi. Tapi ini tidak cukup, mereka semua harus dipenjarakan. Saya sudah minta Pak Kapolda Riau untuk memproses mereka semuaa,” tegasnya.

Tahanan kabur satu persatu ditangkap polisi. Dari 442 tahanan, yang belum tertangkap, hingga berita ini diunggah berjumlah 179 tahanan. (WP/int)

 

Comments

Share This :
Facebook Twitter Google Plus WhatsApp

Related posts