Dinas Pertanian & Kodim Kediri Akali Kenaikan Cabai Dengan Budi Daya

Potretkota.com – Tradisi naiknya harga cabai, Dinas Pertanian Kabupaten Kediri bersama Kodim 0809/Kediri, melakukan pencegahan dengan cara budi daya cabai rawit. Study ini dilakukan di tempat Tarmuji warga Desa Brenggolo Kecamatan Plosoklaten, Selasa (9/5/2017).

Ir.Sukamto dari Dinas Pertanian Kabupaten Kediri, melihat Bibit-bibit cabai yang masih berukuran kecil ini, semua dalam kondisi sehat, bahkan warna daun dan batangnya terlihat hijau muda tanpa cela sedikitpun. Selain itu, areal yang dimiliki Tarmuji juga cukup luas untuk ukuran pekarangan rumah rata-rata di Plosoklaten ini, apalagi disekitar rumahnya tumbuh tanaman yang besar dan rindang.

“Jangan membuat bibit cabai rawit dari cabai sisa yang disertakan di dalam bungkusan gorengan. Biasanya cabenya masih mentah dan belum tua benar, lebih baik ambil cabai rawit merah dari pasar, karena biasanya cabai rawit merahnya merah matang. Akan lebih baik lagi jika kita sudah mempunyai tanaman sendiri yang akan dibuat benih. Pilih cabai rawit yang sudah matang dan berwarna merah. Pastikan cabainya bagus dan tidak ada kelainan warna atau sebelumnya terserang penyakit,” jelas Ir.Sukamto.

Sementara, Danramil Plosoklaten, Kapten Kav Yanis Prasetyo sangat mengapresiasi budidaya tanaman cabai rawit. Menurutnya, bibit cabai rawit salah satu produk tanaman unggulan bagi para petani disini yang dapat dijual ke daerah lain, seperti Tulungagung, Blitar, Malang, Jombang dan Nganjuk.

“Tradisi tahunan naiknya harga cabai, setidaknya bisa kita minimalisir dengan adanya studi ketahanan pangan ini. Pengetahuan yang benar-benar sudah diterapkan bapak Tarmuji, bisa disebarluaskan anggota Kodim Kediri. Apalagi bapak Tarmuji ini sudah lebih dari 10 tahun menggeluti budidaya tanaman cabai, jadi kredibitasnya sebagai petani sukses patut ditiru,” kata Kapten Kav Yanis Prasetyo. (WP)

Share This :
Facebook Twitter Google Plus WhatsApp

Related posts