3 Bayi Singa Afrika Lahir di Taman Safari

Diberi Nama Alfa, Beta, Gamma

3 Bayi Singa Afrika Lahir di Taman Safari

Potretkota.com - Tiga bayi singa yang baru lahir di Taman Safari, Kecamatan Prigen telah resmi memiliki nama. Ketiga bayi singa itu diberi nama, Alfa, Beta dan Gamma. Sebelumnya tiga bayi singa itu diberi nama Abra, Caga, dan Ahmad.

Karena berbagai pertimbangan dan saran dari berbagai pihak, termasuk saat itu ada Bupati Pasuruan, kemudian Taman Safari Prigen (TSP) memutuskan untuk mengganti ketiga nama bayi singa tersebut.

Dari tiga bayi singa itu telah dilahirkan oleh indukan betina bernama Fina dan pejantan bernama Frans. Diketahui bayi singa tersebut lahir pada 10 Juni 2020. Kondisi lahiran singa saat itu normal. Kini tiga bayi singa terlihat tumbuh sehat dan menggemaskan.

General Manager Taman Safari Prigen, Diaz Yonadie menyampaikan bayi-bayi singa akan tetap terus berenergi dan menjadi penyemangat untuk melakukan kegiatan konservasi satwa-satwa yang terancam punah. "Atas lahirnya bayi singa ini membuat kami bangga dan lebih berprestasi lagi di sebuah Lembaga Konservasi. Sebab, dengan adanya satwa yang lahir, maka Lembaga Konservasi ini berhasil dalam menciptakan lingkungan yang benar-benar nyaman layaknya habitat satwa aslinya," ungkapnya.

Bayi singa yang baru lahir ini disebut Diaz menandakan bahwa satwa tersebut merasa nyaman ditempat ia terlahir. Dengan hadirnya Alfa, Beta, dan Gamma, maka untuk saat ini jumlah singa Afrika di Taman Safari Prigen bertambah menjadi 22 ekor. "Ketiga anak singa tersebut, kini telah memasuki usia 5 bulan. Dari hasil pemeriksaan oleh tim medis Taman Safari Prigen, kesehatan mereka sangat baik. Segala kebutuhan pakan dipenuhi dengan baik oleh Taman Safari Prigen," tambahnya.

Terpisah, Dokter Hewan Taman Safari Prigen, drh Nanang Tedjo Laksono menjelaskan, soal proses lahirnya bayi singa itu telah ditangani langsung oleh tim medis dan keeper (perawat satwa) secara normal. "Selama kelahiran, induk betina singa sangat dijaga kesehatannya. Hal ini supaya ia kuat dan sehat saat melahirkan. Setelah melahirkan, alhamdulillah induk betina singa keadaan sehat dan mampu merawat dan menyusui anaknya," ujarnya.

Lebih lanjut, Nanang menyebut jika mengacu pada International Union for Conservation of Nature (IUCN), singa termasuk dalam kategori rentan. Artinya, populasi singa rentan punah akibat berkurangnya habitat dan sumber makanan. Dengan statusnya tersebut, singa juga tidak boleh diperdagangkan. "Kelahiran Alfa, Beta, dan Gamma di Taman Safari Prigen akan sangat membantu pertambahan populasi singa Afrika di dunia," punkasnya. (Mat)

Majelis Hakim Kabulkan PKPU Graha Indah Jaya
Aset Pemkot Surabaya 23.900 Meter Persegi Disoal