Akibat Gelombang Laut, Muatan Kapal Rusak Hingga Tenggelam

Akibat Gelombang Laut, Muatan Kapal Rusak Hingga Tenggelam

Potrerkota.com - Akibat cuaca buruk, banyak kapal terombang-ambing. Peristiwanya pun berbeda-beda. Ada yang mengalami kecelakaan didalam kapal, dan ada juga kapal tenggelam.

KM Niki Barokah milik PT Berlian Lautan Sejahtera Sejahtera misalnya. Salah satu truk AJBS Trans Nopol L 8359 UR muatan kayu yang disopiri Suryanto tiba-tiba mengalami kecelakaan diperairan laut jawa. Akibatnya muatan kayu yang dikirim dari Banjarmasin-Surabaya tumpah. Sehingga mobil Ford Fiesta Putih Nopol DA 7977 TAG milik Ocha rusak parah.

"Tadi katanya ada ombak mencapai 4-5 meter," kata Ocha pada Potretkota.com, mau melanjutkan perjalanan ke Malang, Jumat (12/1/2018).

Foto: Kapal Lisa Indah Tenggelam (dok: KM Niki Sejahtera)

Diwaktu yang sama, Kapal Layar Motor (KLM) Lisa Indah, mengangkut kelontong sembako, diperairan 15 mil dekat Pulau Bawean, Jawa Timur tenggelam. Beruntung ada KMP Niki Sejahtera lewat. Narkoba bernama Naeri, dan Busiri, Marji dan Asmadi ABK tertolong, sekitar jam 14.30 Wib.

"Empat ABK ini sudah kami periksa kesehatannya dan alhamdulillah semuanya dalam kondisi sehat," ujar Penyidik Pegawai Negeri Sipil Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya Saifullah, saat dikonfirmasi wartawan.

Menurut Saifullah, Kapal yang tenggelam sudah terombang-ambing gelombang laut sejak Rabu, (10/1/2018) lalu. Mereka berlayar dari Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, mengangkut bahan-bahan kebutuhan pokok menuju Pulau Bawean. KLM Lisa Indah adalah kapal kayu berkuran 6 "gross tonnage" (GT) yang tergolong berukuran kecil.

"Karena mesinnya mati, gelombang tinggi di perairan itu terus menghantam kapal dan airnya banyak yang masuk ke dalam," pungkasnya. (Hyu)

Gema Siap Menangkan Pasangan Warsito-Moeljadi di Pilwalkot Mojokerto
Proyek Mangkrak PD Pasar Surya Dipolisikan