Anggaran Minim Pengaruhi Prestasi Atlet Indonesia

Anggaran Minim Pengaruhi Prestasi Atlet Indonesia

Potretkota.com - Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah untuk melakukan pembinaan terhadap olahraga terlalu minim. Hal tersebut berpengaruh pada prestasi Asian Games 2018, yang berlangsung di dua kota, Palembang dan Jakarta.

Kepala Badan Standarisasi Republik Indonesia, M. Anwar Rachim pada wartawan mengaku, untuk olahraga hanya 0,03 persen dari total Rp 2.133,2 triliun. "Ini tentu saja sangat kecil kalau untuk memacu prestasi, apalagi setingkat Asia," katanya, di sela-sela penandatanganan kerjasama (MoU) KONI Jatim dengan 14 Perguruan Tinggi di Jatim di salah satu hatel di Surabaya, Jumat Jumat (15/12/2017) kemarin.

Menurut Anwar Rachim, kelemahan pembinaan olahraga di Tanah Air selama ini mengacu pada tiga hal, yakni pembibitan, standarisasi mutu dan anggaran. "Sebenarnya porsi anggaran dapat lebih agar bisa meningkatkan mutu dan prestasi," terangnya pria asal Jombang ini.

Ditempat yang sama, Ketua Bidang Stadarisasi KONI Jatim Prof. DR.Nur Hasan mengatakan, kerjasama dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi ini penting agar atlet bisa meraih prestasisekaligus mempunyai jenjang pendidikan yang lebih tinggi. "Selama ini ada keluhan dari atlet jika menjalani kejuaraan-kejuaraan, kemudian kuliahnya terlantar sehingga pikirannya tidak bisa fokus untuk prestasi," katanya.

Dengan adanya kerjasama ini maka perguruan tinggi memiliki pengertian dan memberikan dispensasi untuk atlet-atlet dalam menjalankan kuliahnya. "Mereka kan juga berjuang untuk mambawa nama Bangsa dan Negara, harus ada saling pengertian yang baik. Bukannya nanti meremehkan kuliahnya, tetapi mereka juga harus benar-benar menjalankan tugasnya sebagai mahasiswa," paparnya.

Dalam MoU tahap pertama ini KONI Jatim telah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi negeri dan swasta, dari Surabaya, Malang, Jember, dan daerah lainnya. "Ke depan nanti kita harapkan semua perguruan tinggi mendukung pemerintah untuk mencetak atlet-atlet berprestasi," pungkasnya. (AH)

Papan Icon Asian Games 2018
Malaysia dan Korea Selatan Ikuti Suryanaga Open Cup 2017