Anggota DPRD Pasuruan Ngejob Masker Rp 7,5 M?

Proyek Covid-19

Anggota DPRD Pasuruan Ngejob Masker Rp 7,5 M?

Potretkota.com - Video berdurasi 25 detik beredar dikalangan wartawan. Sosok yang mirip Agus Suyanto anggota Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan dari Partai PKB sedang mengerjakan masker senilai Rp 7,5 miliar.

Agus Suyanto menerima job masker tidak sendirian, tapi ditemani anggota DPRD Kabupaten lainnya berinisal IS dan ES. Proyek senilai Rp 7,5 miliar ini dikerjakan di daerah Desa Watuagung, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Terlihat dalam video home industri sangat kotor dan berantakan berisiko kuman. Banyak tumpukan kain, hingga bener politik Partai PKB. Kain warna biru muda ini disablon secara manual bukan dengan mesin.

Saat dikonfirmasi adanya proyek Pandemi, Agus Suyanto berbelit-belit. Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan periode 2019-2024 ini mengaku, pengadaan jatah Disperindag 1,5 juta maker itu diberikan pada himpunan asosiasi dan sepertinya tidak mampu. "Kalau yang UMKM biasanya anggotanya banyak sekitar ratusan. Tapi yang jadi persoalan teman-teman (Disperindag) suruh perhitungkan istimasi waktu, sedangkan pengadaan masker sangat banyak butuh percepatan," dalihnya.

Karena dikerjakan asal jadi dirumahan, tidak berbentuk badan usaha ataupun badan hukum, Agus Suyanto berharap proyek masker Rp 7,5 miliar tanpa dibebani pajak Pemerintah. "Mudah-mudahan pengadaan masker tanpa pajak," pungkasnya.

BERITA TERKAIT: Pengadaan Masker di Pasuran Rp 7,5 Miliar Asal Jadi

Sementara, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Disperindag Kabupaten Pasuruan, Udin mengaku kurang tau persis soal itu. Ia berdalih, tugasnya hanya memberikan rekom ke Kadis Disperindag. "Terkait persoalan siapa yang dapat dan siapa yang minta pekerjaan masker dan lain-lainya terserah orang-orang dilapangan. Jadi yang menata soal tersebut bukan kami," ungkapnya.

Proyek masker, diatur dalam Surat Edaran Kepala LKPP Nomor 3 Tahun 2020 Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Rangka Penanganan Corona. Dalam aturan jelas, tugas PPK yakni menunjuk penyedia yang antara lain pernah menyediakan barang dan jasa sejenis di instasi Pemerintah atau sebagai penyedia dalam katalog elekronik.

Seperti diketahui, proyek pengadaan masker disahkan melalui rapat DPRD dan disepakti bersama oleh Pemkab Pasuruan sejumlah 2,5 juta masker. Itu ditujukan ke Dinas Koperasi dengan jumlah 1 juta masker dan Dinas Disperindag 1,5 juta masker. Kemudian DPRD meminta agar pengadaan masker dikerjakan oleh UMKM di wilayah Kabupaten Pasuruan. (Mat)

Rebutan Gudang, Zainal dan Minawan Dipenjara
Diancam 7 Tahun, Terdakwa Siti Asiyah Tidak Ditahan