Awas! Wisata Cimory Prigen Rawan Ambruk

Awas! Wisata Cimory Prigen Rawan Ambruk

Potretkota.com - Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan inpeksi mendadak (Sidak) di Wisata Cimory Dairy Land kawasan Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Kamis (2/1/2020)

Sidak tersebut buntut sejumlah keluhan yang dirasakan oleh masyrakat tentang dampak kemacetan lalulintas serta soal kekawatiran adanya kontruksi bangunan rawan ambruk, karena mengingat banyaknya pengunjung. Dari sidak tersebut terdapat hasil mengejutkan.

Disampaikan oleh Kadis Dinas perhubungan (Dishub) Kabupaten Pasuruan, Agus hariyanto, pihak Cimory harus memperhatikan tempat lahan parkir yang kurang memadai, karena mengingat banyaknya pengunjung. "Jadi kami minta Amdalalin harus segera di selesaikan. Kalau tidak kami tindak tegas, tutup sementara," tegasnya.

Sementara, Plt Kadis Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu (DPMPT), Kabupaten Pasuruan, Hari Apriyanto mengatakan, meminta pihak Cimory harus jujur. "Karena saya merasa siplaint kontruksi ada ketidaksesuaian tentang bangunan kuat atau tidak. Jadi saya minta kontruksi bangunan Cimory tiga tingkat direvisi kembali, penyangga baloknya atau pilar," terangnya.

Ditempat yang sama, Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan, Kasiman menginginkan untuk kesesuaian bangunan. "Karena saya khawatir pilar-pilarnya kurang kokoh, sehingga menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Tentunya kami sepakat apa yang dikatakan teman-teman OPD," tambahnya.

Sedangkan Bambang Susanto melalui Yos selaku managemen Cimory Dairy Land menyatakan, terkait siplain gambar kontruksi yang ada dilapangan, dirasa sudah sesuai. "Karena waktu itu yang bangun kontruksi pihak Waringin. Saya berjanji 3 hari akan membenahi kontruksi dibagian pilar yang disangka rawan ambruk," akunya.

Sebelumnya, Sekretaris Satpol PP Kabupaten Pasuruan Basmi mengirimkan surat peringatan ke pihak Cimory Dairy Land. Surat peringatan ini dilayangkan, sebab ada pelanggarn Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Pasuruan. Diantarnya, Perda No 15 Tahun 2012 tentang IMB, Pasal 4 Ayat 1, Pasal 11 Ayat a dan C. Selain itu, Parda No 18 Tahun 2012 tentang Amdal. (Mat)

Kurir Narkoba Jaringan Lapas Porong Bacok Polisi
Ditpolairud Siaga 10 Titik Rawan Banjir di Surabaya