Banjir di Kepulungan Terjang Puluhan Rumah

Nenek dan Cucu Dikabarkan Hilang

Banjir di Kepulungan Terjang Puluhan Rumah

Potretkota.com - Bencana banjir bandang terjadi Di Desa Kepulungan, Kecamatam Gempol, Kabupaten Pasuruan, Kamis (4/2/2021) dini hari. Banjir itu dampak dari derasnya air hujan, sehingga sungai meluber di jalanan dan membuat arus lalu lintas macet akibat dari tumpukan sampah dan lumpur berserakan di tangah jalan.

Melubernya sungai tersebut disebabkan oleh saluran yang ada dikolom jembatan Dusun Pulungan II tersumbat bongkahan bambu dan pepohonan. Sehingga debit air meningkat dan menerjang puluhan rumah. Banjir inilah yang membuat puluhan rumah warga Dusun Genukwatu, Desa Kepulungan berantakan

Dari informasi yang didapat sementara, ada 4 rumah hancur rata dengan tanah dan puluhan rumah lainya tergolong rusak parah akibat diterjang banjir. Selain itu, ada juga dampak bencana ini, dikabarkan 2 orang hilang atas nama Susi (70) dan Nanda (17). Keduanya masi keluarga antara nenek dan cucu.

Menurut Kasun Kepulungan II, Nasik, bahwa kejadian ini berawal meluapnya air sungai di jembatan Kepulungan. Meningkatnya debit air itu disebabkan saluran air yang ada dikolom jembatan tersumbat tumpukan bambu dan pohon. Sehingga terjadilah banjir. Kejadian banjir ini terjadi sekitar 17.45 Wib.

"Dari situ, air sungai meluber ke jalan raya sampai masuk ke dataran rendah kampung warga Dusun Genukwatu. Banjir yang begitu deras itu, menerjang rumah warga dan mengakibatkan 4 rumah berantakan rata dengan tanah dan puluhan rumah rusak. Mengenai tempat tinggal warga di Dusun Genukwatu ada sekitar 70 rumah. Dan dihuni sekitar 75 kartu keluarga," jelas Nasik.

Sementara Kepala Desa Kepulungan Didik Hartono mengatakan, atas bencana ini sejumlah warga korban banjir telah kami evakuasi ke tempat Balai Dusun Tugu, Desa Kepulungan. "Ini dilakukan untuk memberikan keamanan, sambil mengumpulkan keluarganya masing-masing. Sebab ada kabar dua warga hilang. Untuk itu kami bersama sejumlah relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan beberapa tim lain berusaha melakukan pencarian," singkatnya. (Mat)

Plt Wali Kota Surabaya Tidak Temui Pendemo YKP
Bupati Terpilih Freddy Thie Mangkir Dipanggil Polisi