Bank Indonesia Musnahkan 82.897 Lembar Uang Palsu

Bank Indonesia Musnahkan 82.897 Lembar Uang Palsu

Potretkota.com - Bank Indonesia (BI), didampingi Polda Jatim dan Kejati Jatim, musnahkan 82.897 lembar uang tak bernilai atau uang palsu. Tujuannya, agar ditahun 2018, uang tersebut tidak beredar lagi di masyarakat.

"Uang yang kami musnahkan ini ada 82.897 lembar. Dan kalau untuk nilainya, memang sengaja tidak kami hitung nilainya. Karena uang palsu itu tak berarti dan tak bernilai," kata Direktur Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jatim, Yudi Harymukti, Jumat (29/12/2017).

Menurut Yudi, ditahun 2018 mendatang, menghimbau masyarakat agar selalu waspada adanya peredaran uang palsu, dan mengenal Cukup 3D (dilihat, diraba dan diterawang). "Agar tidak terjebak uang palsu, cukup 3D saja. Masyarakat diharapkan lapor ke pihak kepolisian jika menerima peredaran uang palsu," katanya.

Sementara, Ditreskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Agus Santoso, juga berpesan kepada masyarakat selalu waspada peredaran uang palsu. "Masyarakat di Jawa Timur, tidak boleh tertipu dan harus mengenali uang palsu," tegasnya, disampaikan saat jumpa pers di Kantor BI Ruang Kahuripan Lantai 5, Surabaya.

Kombes Pol Agus, meminta agar pihak Reskrim Polres Jajaran se Jatim bakal meningkatakan penyelidikan soal uang palsu. "Peredaran uang palsu di Jatim ada penurunan. Ini bisa disebabkan karena pelaku kurang atau penyidiknya tak aktif melakukan pengungkapan. Padahal, potensi Jatim sebagai tempat peredaran uang palsu besar, karena kegiatan ekonomi nomor dua setelah Jakarta," tambahnya, meminta jajarannya agar kejahatan uang palsu harus diwaspadai. (SA)

Liburan di Surabaya, Remaja asal Bima Dibegal
STMJ Sachet Merek Ocyson Terbuat Dari Susu Bubuk Kadaluarsa