Dana Hibah Dinas PU Mengalir ke Anggota Dewan

Dana Hibah Dinas PU Mengalir ke Anggota Dewan

Potretkota.com - Anggota DPRD Jatim inisial BS disebut-sebut dalam buku Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) 2016-2017 menerima bantuan dana hibah dari Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Provinsi Jatim.

Dana sosial yang diberikan yakni Rp 2 miliar. Peruntukankannya dalam proposal hibah digunakan untuk mendirikan bangunan sekolah kejuruan bidang kesehatan di Desa Siraman, Kecamatan Kesamben, Kecamatan Blitar.

Saat BPK melakukan uji petik, proposal hibah kelompok masyarakat ini tak lain ber Sertifikat Hak Milik Nomor 802 milik pribadi Anggota DPRD Jatim berinisial BS. Proposal permohonan hibah yang diajukan tidak terdapat izin pendirian sekolah dari pihak terkait. Dokumen pendukung yang menjadi persyaratan pendirian sekolah seperti keabsahan penyelenggara pendidikan yang berbadan hukum dan rekomendasi dinas pendidikan juga tidak disertakan.

Anehnya, meski demikian belum pernah ada pengalihan dalam bentuk hibah maupun wakaf, dana hibah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah sudah dicairkan.

Beberapa narasumber Potretkota.com menyebut ada kecocokan nama, jika BS tak lain Bambang Suhartono dari PDIP Jatim. Bambang merupakan anggota DPRD Jatim dapil 6 yang meliputi Blitar, Tulungagung, Kediri.

Dikonfirmasi Potretkota.com, Bambang menyangkalnya punya lahan Sertifikat Hak Milik Nomor 802 di Blitar. "Sudah lama ingetku bukan, maaf aku gak punya apa-apa," akunya terkesan becanda.

Sementara, Kabid Tata Bangunan Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Provinsi Jatim Rudi Hermawan melalui stafnya Asran mengaku pertanggungjawaban dana hibah adalah sipenerima hibah, bukan dinas tempatnya bekerja.

"Ini kan pelimpahan dari Provinsi. Kita hanya membantu proses pencairan hibah saja. Kita tidak ikut-ikut," dalihnya pada Potretkota.com, Selasa (7/2/2018). (Hyu)

Soal SKTM, Kelurahan Barata Jaya Didatangi Kemenkumham Jatim
Penataran Pencak Silat Diikuti 150 Pelatih