Gedung SDN Gentong Kota Pasuruan Dibongkar

Gedung SDN Gentong Kota Pasuruan Dibongkar

Potretkota.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan akhirnya membongkar sisa-sisa bangunan SDN Gentong, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, Selasa (22/12/2020)

Gedung SDN Gentong ini dibongkar setelah mendapat persetujuan dari Pengadilan. Karena sebelumnya gedung sekolah ini banyak menyisahkan masalah dengan kontruksi bangunannya kurang kokoh. Akibatnya terjadi ambruk dan menewaskan sejumlah siswa serta guru pada tahun 2019 lalu, sehingga selaku pelaksana ditetapkan menjadi tersangka.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan Mualif Arif mengatakan, sisa bangunan gedung SDN Gentong yang bermasalah telah dibongkar. Ini setelah mendapat persetujuan dari pengadilan.

"Sebelumnya, kami mengajukan permohonan untuk merobohkan gedung itu ke pengadilan. Berita acaranya kami terima Selasa yang lalu, dari pengadilan melalui kejaksaan,” kata dia.

Mualif Arif menyebut, atas dasar itu kami langsung melakukan pembongkaran agar pembangunan gedung baru bisa segera dilaksanakan. Untuk anggaran sudah di alokasikan dan gedung siap dibongkar tahun ini. Pembongkaran gedung ini tidak akan berlangsung lama. Diperkirakan pembongkaran bisa selesai dalam beberapa hari kedepan. Sehingga bisa dilanjutkan pembangunan gedung baru," urainya.

Mengenai pembangunan gedung baru sendiri akan ditangani oleh Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur. “Pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 2,7 miliar untuk merealisasikan gedung baru itu. Gedung yang akan dibangun nanti terdiri dari delapan ruang kelas. Dengan model bangunan dua lantai,” terangnya. (Mat)

Kejaksaan Buru Tersangka Lain Kasus TKD Bulusari
Gubernur Jawa Timur Panen Jagung di Beji