Ipda Sutinah Calo Bintara Polri Terancam Pidana

Ipda Sutinah Calo Bintara Polri Terancam Pidana

Potretkota.com - Penerimaan Bintara Polri yang diselenggaran Polda Jatim, Awal 2017 lalu tercoreng dengan perbuatan Ipda Sutinah, oknum perwira Provost Polda Jatim. Perempuan asal Blitar ini disebut-sebut mencoreng nama baik kepolisian karena sudah menjanjikan korban yang baru lulus sekolah yakni F dan E, bisa lolos test polisi asal ada uang Rp 450 juta.

Mimid Achmid (69) warga Sidotopo Lor 91 Surabaya, salah satu korban mengkisahkan awal penipuan yang dilakukan oleh Ipda Sutinah. Menurutnya, bulan Meret 2017, istri pertama almarhum Kompol Bustan Arief SH, MM datang menawarkan jasa masuk calon Bintara Polri melalui pendidikan susulan.

"Mantu saya ditelepon oleh Sutinah, dia bilang kalau bisa memasukkan dua cucu saya melalui pendidikan susulan di Kalimantan atau di Aceh, dengan janji pasti masuk karena dia bilang kalau ada jendral bintang tiga di belakang. Dia yang menawari mantu saya dan saya yang diminta menyediakan uang," kata Mimid saat ditemui wartawan, Senin (17/9/2018).

Karena bujuk rayu dan percaya begitu saja, tak heran jika vetaran asal Timor-Timor ini akhirnya menyerahkan uang ke Ipda Sutinah melalui transfer secara berkala. "Saya disuruh transfer ke Zaldy 40 juta, kemudian ke Sutinah Rp 260 juta dan Rp 150 juta. Totalnya 450 juta," bebernya, Zaldy disebut-sebut sebagai saudara Jendral Bintang Tiga Mabes Polri.

Pendaftaran ataupun pendidikan Bintara Polri telah usai. Namun janji manis Ipda Sutinah tidak terealisasi. Saat ditanya Mimid Achmid dan keluarga, perwira yang pernah dinas di Satpas Colombo Polwiltabes Surabaya (sekarang Polrestabes Surabaya) selalu menghindar.

Bahkan, Mimid Achmid pernah menemui Kasubdit Provost Polda Jatim, Kompol Dwi Hartono yang kemudian dilakukan pertemuan antara kedua belah pihak, namun tetap saja uang tidak dikembalikan. "Sebenarnya kalau uang saya dikembalikan, saya kira tidak akan seperti ini. Nanti kalau tidak ada kejelasan saya akan layangkan laporan resmi pidana umum," tandas Mimid.

Saat ini, informasi yang beredar di Polda Jatm, Ipda Sutinah sudah ditahan. Namun sayang, Kasubdit Provost Polda Jatim ataupun Waka Polda Jatm Brigjen Pol Mohammad Iqbal belum dapat dikonfirmasi kebenarannya. (Tio)

Mabuk Vodka dan Bir, Eko Rahman Hadi Diadili
Drs. K. H. Mas’ud Yunus Dituntut 4 Tahun Penjara