Kapal Penumpang PT Dharma Lautan Utama Dibakar

Kapal Penumpang PT Dharma Lautan Utama Dibakar

Potretkota.com - Melihat KMP Satya Kencana III milik PT Dharma Lautan Utama dibakar, sejumlah penumpang terjun bebas ke laut sekitar Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Melihat ada kobaran api yang terus membesar, dan penumpang menyelamatkan diri, posko tim SAR melakukan operasi penyelamatan dan mengirimkan kapal tim reaksi cepat untuk melakukan evakuasi korban.

Korban yang berhasil dievakuasi, kemudian dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapat perawatan medis. Sementara dua kapal tug boat dikerahkan untuk menjinakkan kobaran api. Kapal jurusan Banjarmasin- Surabaya yang terbakar pada bagian buritan kapal bukan sungguhan, melainkan simulasi  kecelakaan kapal yang digelar tim SAR.

Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Hubla Ir. Junaidi, MM pada wartawan mengaku, kegaitan ini digelar sebagai kesiapan personil dalam menghadapi mudik ramadhan dan masa angkutan lebaran 2018.

“Selain memantapkan kemampuan petugas yang tergabung dalam tim SAR, dengan kegiatan ini diharapkan adanya standar operasional bersama dalam penanganan kecelakaan dilaut,” kata Junaidi, Rabu (9/5/2018).

Dalam simulasi ini, Junaii melibatkan sekitar 170 petugas gabungan, terdiri dari BASARNAS, Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya, Lantamal V, Ditpolair Polda Jatim, PT Pelindo III, dan instansi terkait lainnya.

Sementara, Manajer PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Tanjung Perak, Doni Surya, tak bisa berbuat banyak lantaran kapal tidak dapat beroperasi mengangkut penumpang. (Hyu)

Soekarwo: Atlet Jatim Bermental Pejuang dan Juara
Sempat Hilang, Kini Keny Erviati Jadi Tersangka