Kejati Jatim Tetapkan Tersangka Mega Korupsi YKP?

Kejati Jatim Tetapkan Tersangka Mega Korupsi YKP?

Potretkota.com - Secara diam-diam, Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati Jatim) menetapkan tersangka mega korupsi Yayasan Kas Pembangunan (YKP) Surabaya. Benarkah?

Suara yang beredar, tersangka tidak banyak, saat ini cuma satu berinisial MB. "Yang diperiksa dari YKP banyak. Kalau tersangka cuma satu, yaitu MB. Kalau Sh dan St mau ditetapkan tersangka tidak jadi, mungkin alasan sudah agak sedikit pikun," terang sumber kepada Potretkota.com.

Selain MB, Sh dan St, yang diperiksa juga mantan pejabat YKP. "Mereka adalah Ct dan HR," tambahnya.

Sumber menyebut, alasan tersangka tidak dipubliskasi di media, lantaran diduga kuat banyak syarat kepentingan. "Perkara ini infonya akan diolor hingga 7 tahun. Kalau sudah terjadi, perkara dihentikan dengan dalil tidak banyak cukup bukti, karena aset YKP sudah dikembalikan," tambahnya, meyakinkan Potretkota.com perkara mega korupsi infonya nanti tidak akan ada P21.

Sementara, Kepala Kejati Jatim Mohammad Dofir melalui Kasi Penkum Kejati Jatim, Anggara Suryanagara mengaku, selama setahun pemeriksaan untuk perkara YKP belum ada tersangka. "Sementara belum ada penetapan tersangka, baru sprindik umum," akunya.

Untuk diketahui, Gerakan Putra Daerah (GPD) menggugat Pemkot Surabaya dan DPRD Surabaya termasuk YKP, dengan tergugat Kejati Jatim dan Gubernur Jatim. Sidang gugatan dimulai Selasa (21/7/2020) di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Dalam gugatan, GPD meminta agar lembaga yang diketuai Maria Theresia Ekawati Rahayu juga menjabat Kepala Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah Pemkot Surabaya, segera bubar.

Jika bubar, GPD berharap Kejati Jatim yang memeriksa mega korupsi YKP bernilai triliunan mudah melakukan pemeriksaan dan menetapkan tersangka tanpa ada kepentingan. (Tio)

Warga Keluhkan Pengobatan Alternatif di Sidoyoso
Nasabah KUD Trijaya Ngamuk di Pengadilan