Kelompok KKN 49 Unusa Beri Pelatihan Tali Kur

Oleh: Nurul Latifatul Azizah

Kelompok KKN 49 Unusa Beri Pelatihan Tali Kur

Potretkota.com - Lumpuhnya berbagai sektor kehidupan yang diakibatkan oleh virus korona memberikan dampak serius pada sektor ekonomi yang dirasakan tidak hanya di Indonesia, namun juga seluruh dunia. Banyak Pekerja yang harus dirumahkan bahkan mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), sehingga mau tidak mau harus mencari jalan lain untuk tetap bertahan dimasa pademi Covid-19.

Melihat kondisi seperti ini, Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 49 Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) mengajak masyarakat Desa sawohan, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo untuk berwirausaha. Kegiatan ini yang dimulai dengan memberikan pelatihan pembuatan kerajinan dari tali kur. Program kerja ini pun disambut hangat dan antusias tinggi dari ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Pemuda KarangTaruna Desa Sawohan Sidoarjo, Sabtu (5/9/2020) lalu.

Pelatihan dilaksanakan di salah satu rumah warga yang dihadiri dengan peserta terbatas yakni hanya 10 peserta dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan. “Senang tentunya dengan adanya pelatihan wirausaha seperti ini, sehingga kami kaum ibu rumah tangga tetap bisa memiliki kegiatan sekaligus pemasukan di masa pandemi seperti saat ini,” kata Siti Luchmania salah satu peserta pelatihan.

Sementara, Nuna selaku penanggung jawab program kerja mengaku, membatasi peserta pelatihan dasar kerajinan dari tali kur. “Memang sengaja kami batasi untuk peserta pelatihan karena mengingat kami harus tetap mematuhi protokol Kesehatan, sehingga dari peserta terbatas ini diharapkan dapat mengajarkan ke masyarakat lainnya sehingga apa yang mejadi tujuan kami untuk mengajak masyarakat berwirausaha tetap bisa tercapai,” akunya.

Jenis-jenis kerajinan yang dibuat antara lain sepertis tas, gelang dan gantungan kunci. Kerajinan dengan tali kur sendiri terkenal dengan harga yang lumayan mahal untuk ukuran kecil sekalipun, karena proses pembuatannya yang membutuhkan keahlian khusus dan waktu yang tidak sebentar. (*)

Maria, Wahyuni, Ayu Dihukum 2 Tahun 6 Bulan
Pasar Sembayat Gresik Disoal