Bersama Yayasan Galena Handal Nusantara

Komunitas Gimbal Alas Tanam 3000 Bibit Pohon

Potretkota.com - Yayasan Galena Handal Nusantara (GHN) berikhtiar memelihara bumi yang digerakkan melalui integrasi program Konservasi Penyelamatan Mata Air. Gerakan ini dikerjakan bersama Komunitas Gimbal Alas Indonesia dan 550 relawan dari Organisasi Pecinta Alam (OPA)  se-Jawa Timur.

Program ini sudah berjalan lama, salah satunya penanaman 3000 bibit pohon di Gunung Semeru Desa Ranu Pani Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Minggu (1/4/2018) kemarin.

Direktur Yayasan Galena Handal Nusantara Anton Ariyanto mengatakan, Konservasi Penyelamatan Mata Air merupakan sebuah program, di mana sebagai upaya menjaga mata air dengan cara penanaman pohon disekitar lokasi.

“Penanaman pohon mampu mencegah erosi tanah, yang menyebabkan bencana alam. Pohon juga sangat bermanfaat sebagai filter air ketika sebagai tanaman hidup dan menjaga mata air,” kata Anton, Sabtu (7/4/2018).

Anton memaparkan, penanaman ini adalah untuk menyalurkan amanah para donatur yang tergabung dalam program tersebut. Galena Handal Nusantara pun sengaja memilih penanaman pohon, sebab penanaman pohon tersebut salah satu alternatif konservasi penyelamatan mata air.

Tak ingin berhenti, Anton Ariyanto bersama timnya juga melakukan bersih-bersih sampah di areal Wisata Gunung Bromo sekaligus kami juga melakukan penancapan papan-papan himbauan untuk menjaga kebersihan disekitar lokasi Bromo.

“Setelah penanaman ini, kami berharap kepada seluruh pihak untuk senantiasa menjaga ekosistem hutan sehingga kualitas mata air ini dapat selalu terjaga, dan kami menghimbau aparat untuk menindak tegas para pelaku pembalakan liar. Semoga kegiatan seperti ini menjadi contoh para stakeholder yang lain," tamba Anton.

Sementara, Adi Supriadi yang juga koordinator divisi Konservasi Sumber Daya Alam Galena Handal Nusantara ini berharap aksi penanaman bibit pohon ini bisa mewujudkan ketahanan air, dan bisa menampung air meski kemarau tiba. Adi juga menerangkan, Ranu Pani adalah tanah yang begitu hijau, namun saat musim kemarau tiba, ada sejumlah titik yang tak memiliki sumber mata air.

“Nah penanaman pohon ini semoga menjadi solusi. Kita tak bisa sendiri, harus saling bahu membahu agar hasilnya bisa berbuah manfaat, semoga Allah meridhai langkah kita,” kata Adi Supriadi yang sekaligus diamini para relawan yang terlibat dalam kegiatan ini.

Adi Supriadi berharap, kegiatan ini terus dilakukan agar bumi Jawa Timur selalu terjaga. “Dan kami akan terus melakukan kegiatan yang sama di beberapa titik lokasi di Jawa Timur. Mewakili teman-teman Galena Handal Nusantara kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terutama penyelenggara kegiatan yakni Gimbal Alas Indonesia yang telah melibatkan kami dalam kegiatan ini,” pungkasnya. (*)

Penulis/Snapshot: Fajar Isnu

Terindikasi Korupsi, Agus Imam Sonhaji Dimutasi
Minus Kegiatan, KNPI Menonjol Jelang Pemilihan