Kondisi Kantor Bawaslu Surabaya Memprihatinkan

Kondisi Kantor Bawaslu Surabaya Memprihatinkan

Potretkota.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Surabaya memprihatinkan. Bagaimana tidak, kantor yang berada di Jalan Arif Rahman Hakim No. 131-133 itu plafonnya rusak. Pemandangan plafon depan bolong-bolong, sangat tidak elok dipandang.

Selain plafon, fasilitas yang ada pun kurang memadai. Seperti komputer sebagai alat penunjang kerja para anggota sangat kurang. Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Kota Surabaya, Hadi Margo Sembodo.

Menurut Hadi, elemen pendukung kerjanya terbatas. Hal itu, membuat anggota badan pengawas pemilu tidak dapat bekerja maksimal sesuai harapan masyarakat. "Fasilitasnya kerja tidak diperhatikan," katanya pada Potretkota.com, Rabu (3/10/2018).

Hadi menyebut, seharusnya Pemerintah memperhatikan Bawaslu Kota Surabaya. Mengingat Surabaya merupakan kota terbesar di Indonesia. Pemerintah sebagai supporting sistem harusnya terut membantu fasilitas ataupun penyelenggara Pemilu. Dikarenakan, sudah diatur dalam undang-undang. "Kalau melihat faslitas dan sarana, (Surabaya) malu sama daerah lain," kata Alumni Unesa tersebut.

Selain Hadi, salah satu anggota Bawaslu Kota Surabaya, Agil Akbar, juga menyayangkan keadaan Sekretariatan. Ia mengatakan, pemerintah hendaknya bersikap atas kelayakan fasilatas yang digunakan Bawaslu Kota. "Kami berharap Pemerintah punya sikap terhadap kelayakan fasilitas ini," tuturnya.

Di Bawaslu ada lima divisi, yaitu Divisi Hukum dan SDM, Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga, Hukum dan Data Informasi, Penyelesaian Sengketa, serta Penindakan Pelanggaran. Masing-masing divisi tersebut mempunyai ruang kerja.

Namun, selama ini menurut Pria yang berada di Divisi Hukum dan SDM itu merasa terganggu atas kurangnya komputer yang dipunyai Bawaslu Kota Surabaya. "Banyak tugas kami, salah satunya menerima aduan dari (pengawas) Korcam (Koordinator Kecamatan). Namun, untuk input data sulit karena keterbatasan komputer Kantor," keluh Agil Akbar.

Berdasarkan pantauan Potretkota.com, Kantor Bawaslu Kota Surabaya yang berada di Convention Hall, mulai dari plafon dan komputer sebagai penunjang kerja memperhatinkan. Di samping plafon depan kropos dan berlubang, masing-masing ruang divisi kekurangan fasilitas kerja. (Qin)

WNA Asal Vietnam Selundupkan Sabu 1 Kilogram
Mas’ud Yunus Diganjar 3 Tahun 6 Bulan Penjara