Mahkamah Agung Terbitkan Aplikasi E-Court

PN Surabaya Jadi Percontohan

Mahkamah Agung Terbitkan Aplikasi E-Court

Potretkota.com - Dalam waktu dekat, untuk mempermudah layanan pendaftaran perkara secara administratif, Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, akan meluncurkan aplikasi berbasis online, yakni E-Court.

"PN Surabaya akan terapkan layanan pendaftaran perkara perdata via online. E-Court tidak lain untuk permudah layanan pendaftaran secara administratif," kata Ketua PN Surabaya, Sujatmiko, SH., MH, saat ditemui Potretkota.com di ruang kerjanya, Kamis (7/6/2018).

Menurut Sujatmiko, E-Court akan di launching usai libur lebaran 2018. "Segera kita launching usai lebaran ini. Progres terbaru sesuai rencana akan direalisasikan ke seluruh Pengadilan yang ada di Indonesia, bahkan telah di setujui MA. Lha... PN Surabaya inilah yang ditunjuk sebagai salah satu kota yang akan dijadikan percontohan, layanan via elektronik," tambahnya.

Program E-Court tersebut berdasarkan terbitnya Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 3 tahun 2018, yakni tujuan utama untuk memudahkan proses adminstrasi di Pengadilan seluruh Indonesia.

Dengan adanya program E-Court, bagi Sujatmiko akan memangkas waktu dan biaya panjar perkara perdata lebih transparan. "Adapun waktu yang terpangkas berupa para pihak cukup melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir yang ada dalam layanan E-Court. Kemudian panggilan terhadap kedua belah pihak yang berperkara lebih efisien (panggilan melalui email, red. Sedangkan, biaya panjar bisa di ketahui secara langsung dan transparan. Jadi akan lebih asas peradilan yang sederhana, cepat dan juga biaya yang ringan bisa terpenuhi," terangnya.

Dalam layanan via online bisa dikatakan memanjakan penasehat hukum atau pengacara yang sudah memiliki legalitas seperti di sumpah dan sudah di validasi oleh tiap-tiap lembaga advokasi.

Masih Sujatmiko, sementara ini Aplikasi E-Court hanya bisa diterapkan pada perkara perdata dan masih belum mengarah ke perkara pidana. "Sementara hanya perkara perdata saja. Mengingat aplikasi terbaru merupakan terobosan serta perlu sosialisasi agar diketahui masyarakat secara umum,” paparnya.

Layanan berbasis elektronik dalam aplikasi E-Court ada tiga sistem layanan yaitu, E-Filling adalah Pengiriman berkas sementara lewat scan email dan selanjutnya asli menyusul saat datang jalani Sidang. E-Payment adalah Pembayaran biaya pendaftaran perkara melalui transfer langsung ke Bank sesuai petunjuk yang telah bekerja sama dengan Bank BTN. Dan E-Summons adalah panggilan secara Elektronik sesuai dengan persetujuan masing masing pihak, artinya jika para pihak sepakat. (Tio)

Bagi Takjil Siji Papat 'Amalmu adalah Akhiratmu'
Pemudik Serbu Program Angkutan Motor Gratis