Mengenal Hakim & Yasin Cawali Independen Surabaya

Mengenal Hakim & Yasin Cawali Independen Surabaya

Potretkota.com - Petarungan merebutkan kursi Wali Kota Surabaya masih lama, namun ada satu calon yang sudah siap maju segala-galanya di jalur perseorangan, dia adalah Usman Hakim warga asli Surabaya. Usman Hakim maju sebagai Calon Walikota didampingi Mohammad Yasin asal Sampang.

Siapa Usman Hakim? Beliau lahir di Surabaya, bulan April 1975 dari pasangan H. Muhammad dan Hj. Rohimah. Cak Hakim sapaan akrab Usman Hakim bersekolah di SD Muhammadiyah 25, SMP Muhammadiyah 15, SMU Muhammadiyah 1 Kapasan.

Sejak kecil, Cak Hakim meski dibesarkan dari keluarga berkecukupan, beliau tetap mandiri ingin menambah uang saku dengan cara jualan susu sapi perahan dan jualan koran.

Semasa kuliah di Universitas Dr. Soetomo tahun 1995, beliau aktif ikut organisasi di Mapalas (Mahasiswa Pecinta Alam dan Seni). Hingga lulus tahun 2000, Cak Hakim lulus dengan gelar sarjana hukum.

Lulus kuliah, Cak Hakim membuka usaha sebagai kontraktor yang bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi, Pemerintahan Kota Surabaya dan Pemerintahan Provinsi Jawa Timur.

Sukses membuat usaha, Cak Hakim kemudian bergabung dengan Partai Amanat Nasional dan menjabat sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Surabaya, tahun 2004. Tahun 2017, saat Partai Berkarya berdiri, Cak Hakim dipercaya menjabat sebagai Ketua DPC Partai Berkarya Surabaya, hingga sekarang.

Karena banyak dukungan dari tokoh dan pemuka agama di Surabaya dan Madura, Cak Hakim kemudian mencalonkan diri sebagai Calon Wali Kota Surabaya 2020-2024.

Siapa Mohammad Yasin? Yasin dibesarkan dari pasangan H. Mat Tamri dan Hj. Faisah Riah, lahir di Sampang bulan April 1983. Sejak kecil, beliau dibesarkan sebagai santri di rumah pondok Hidayatut Tulab.

Usai sekolah dipondok, Yasin kemudian melanjutkan kuliah di Universitas Bhayangkara Surabaya. Lulus kuliah dengan gelar Sarjana Hukum, tahun 2008, beliau langsung ditarik tokoh masyarakat ke Sampang untuk memimpin Desa, Pesarenan, Kedundung, Sampang.

Hingga saat ini Yasin dipercaya menjabat sebagai Kepala Desa Pesarenan, Kedundung, Sampang, dengan masa jabatan terakhir 2021.

Yasin kemudian dipilih Usman Hakim untuk maju mendampingi sebagai sebagai Calon Wakil Wali Kota Surabaya 2020. (SA)

Polrestabes Surabaya Tangkap Pemalsu SIM
Ratusan Peserta Ikuti Festival Tatto di Surabaya