Menteri Pastikan Impor Bawang Putih Tiongkok

Menteri Pastikan Impor Bawang Putih Tiongkok

Potretkota.com - Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.H telah berkunjung ke lahan yang ada di Desa Nguling, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Rabu (12/2/2020). Kunjungan tersebut dalam rangka panen padi dan percepatan tanaman untuk mendukung pertanian maju, mandiri dan modern.

Kunjugan ini juga menyampaikan, bahwa hasil survey Menteri Pertanian memastikan dan menjamin tidak akan ada kelangkaan bawang putih. "Stok bawang putih di Indonesia masih aman. Kami memperidiksi dua atau tiga bulan ke depan stok bawang putih masih aman. Memang kami menyadari bahwa Indonesia ini negara tropis. Sedangkan bawang putih itu kan tipikal tanaman sub tropis. Tapi, kami surplus dan melimpah akan bawang merah. Jadi, bukan menjadi hal yang haram kalau kami impor bawang putih," kata Syahrul Yasin.

Lanjutnya Syahrul, kenaikan harga bawang putih ini bukan karena pembatasan impor aka tetapi karena dampak penyebaran virus Corona. "Kemungkinan masalah pada distribusi dan kendala curah hujan tinggi. Tapi saya pastikan, tidak ada hambatan impor bawang putih dari Tiongkok, dan saya kira akan kembali normal," tambahnya.

Sekadar diketahui, berdasarkan data dari Menteri Pertanian, stok bawang putih saat ini berkisar 55-65 ribu ton hingga Februari. Rata-rata konsumsi bawang putih mencapai 45-47 ribu ton per bulan. (Mat)

Komisi A DPRD Surabaya Minta Izin Pentagon Dicabut
Tebing Longsor, Jalan Tosari Berhasil Dibersihkan