Menyoal Angkutan Limbah Aryaguna Sejahtera Abadi

Menyoal Angkutan Limbah Aryaguna Sejahtera Abadi

Potretkota.com - Perusahaan transportasi limbah PT Aryaguna Sejahtera Abadi (ASA) yang berada di Desa Jeruk Legi RW 2 Balongbendo Sidoarjo, diduga kuat sudah membuang limbah secara sembarang di daerah Sidoarjo, Pasuruan dan Mojokerto.

Limbah yang dibuang bermacam-macam, diantaranya sesuai pesanan yakni fly ash dan bottom ash, Furnace, steel slag dan iron slang, paint sludge dan sudge, tinta bekas, toner bekas dan air cat, sand faundry, blasting dan dust collector, kemasan terkontaminasi, sampah terkontaminasi, dust grinding, dust casting, furnace slag, srap limbah B3, oli bekas dan sent oil coolant, minyak kotor, limbah HCL, solvent dan larutan bekas, accu bekas, scrub logam aluminium dan timah zink, kain majun, sarung tangan bekas juga limbah medis.

Beragam limbah kemudian oleh bos PT ASA dipilah lagi untuk dikirim ditempat berbeda-beda, diantaranya di gudang milik Purwanto desa Temu Sidoarjo, di halaman belakang rumah Yuni desa Bendotretek Sidoarjo, di perusahaan pengolahan limbah daerah Tropodo Krian Sidoarjo, Amin di Pasuruan dan Bayan di Mojokerto.

Saat dikonfirmasi, Bos PT ASA Totok Jahuri suami dari pengusaha butik online Dewi Sekar Arianti yang tinggal di Perumahan Bumi Papan Selaras, Krian Sidoarjo mengaku hanya mengenal salah satu nama mafia pembuangan limbah secara sembarang.

"Dari yang disebutkan, cuma satu saya yang tau," kilah pria kelahiran Agustus 1976 ini.

BERITA TERKAIT: Oplosan Limbah B3 Bendotretek Dijual Lagi?

Untuk diketahui, PT ASA hanya memiliki izin usaha pengangkut limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3). Perusahaan ini, tidak diperbolehkan melakukan pembuangan secara sembarang, penyimpanan, pengumpulan ataupun penjualan terhadap limbah B3.

Karena larangan pembuangan limbah sembarangan, penyimpanan, pengumpulan ataupun penjualan terhadap limbah B3, sudah diatur dalam UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. (Hyu)

Jabatan Bupati Sidoarjo Diganti Sekda Achmad Zaini
Deklarasi 4 Parpol Dukung Pasangan Teno-Hasyim