Pegawai Bank CTBC Rugikan Perusahaan Rp 1,6 Miliar

Pegawai Bank CTBC Rugikan Perusahaan Rp 1,6 Miliar

Potretkota.com - Rudy Desmond Tampi, Account Officer PT. Bank CTBC Indonesia duduk dipesakitan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Mesti terlihat sendiri, namun Rudy tidak didakwa sendirian, karena berkas rekan kerjanya Budi Anak Robert Taning dan Ade Diyan Sanura dipisahkan oleh Jaksa dari Kejari Tanjung Perak Surabaya, Farkhan Junaedi.

Menurut Fransica Leonora Wiharjo Kepala Cabang Bank CTBC (China Trust Banking Coorporation) di Surabaya, akibat perbuatan para terdakwa, kerugian perusahaan sekitar Rp 16,3 miliar. "Berdasarkan Audit dari internal bank terdakwa bersama-sama melakukan kecurangan, pemasulan dan penggunaan dana," katanya dihadapan Ketua Hakim Ari Jiwatantara, Senin, (12/2/2018).

Dianggap bersalah, Jaksa menjerat terdakwa Rudy, Budi dan Ade dengan Pasal 49 ayat (1) huruf a UU 10 Tahun 1998 tentang Perbankan jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 Jo Pasal 64 ayat (1) KUHPidana.

Perlu diketahui, kasus ini bermula Budi dan Ade, mendatangi perusahaan yang bekerjasama dengan Bank CTBC, menawarkan produk salary loan, diantaranya PT Sung Hyun. Mereka yang setuju, disuruh menyerahkan copian KTP dan cover buku tabungan. Dokumen aplikasi pinjaman dana juga menjadi syarat yang harus dikumpulkan ke HRD perusahaan yang bekerja sama. Selanjutnya HRD membuatkan surat keterangan penghasilan dengan jangka waktu tertentu.

Di PT Sung Hyun ada 319 karyawan, Budi dan Ade menyiapkan data-data untuk pengajuan kridit. Delapan karyawan yang diajukan aplikasi permohonan kredit ternyata bukan karyawan PT Sung Hyun serta data yang digunakan untuk pengajuan adalah data yang telah dipalsukan. Data palsu tersebut direstui oleh terdakwa Rudy dan dikirim ke Bank CTBC Jakarta.

Sekitar bulan Septermber 2015, Hidayat Kurniawan HRD Head PT. Hilon Surabaya yang kini buron, meminta pada terdakwa untuk mencairkan dana kridit atas nama Inayah Kusumawati, Rp 25 juta.

Setelah dilakukan verifikasi, perbuatan para terdakwa tercium oleh Supervisor Colection Bank CTBC Jakarta, Chondro Sulaksono. Hasil verivikasi perusahaan menyebut, Kopkar Cipta Mandiri Keemasan alamat Desa Randupitu kec Gempol, sesuai data yang ada di bank CTBC Indonesia sebanyak 360 karyawan mengajukan aplikasi kredit, namun setelah verifikasi yang asli karyawan sebanyak 46 orang.

PT. Karyatugas Anda alamat Jl. Raya Surabaya Malang Km 56 Sukorejo Sekarmojo Purwosari Jatim, sesuai data Bank CTBC Indonesia Sebanyak 96 karyawan mengajukan aplikasi kredit namun setelah diverifikasi yang asli karyawan sebanyak 18 orang sedangkan 79 orang bukan karyawan. (Tio)

Anang Family Karaoke Dirazia
Dana Hibah Triliunan Dinas Pendidikan Amburadul