Pelindo Tingkatkan layanan Logistik Indonesia Timur

Terima Amanah Kemenhub

Pelindo Tingkatkan layanan Logistik Indonesia Timur

Potretkota.com - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 optimis mampu mengukuhkan perannya dalam peningkatkan layanan logistik Indonesia Timur dan sekitarnya. Keyakinan tersebut tercetus pasca diterimanya amanah pengelolaan dan pemanfaaat sejumlah fasilitas milik kementerian Perhubungan pasca Perjanjian Kerja Sama Pemanfaatan Barang Milik Negara di dua pelabuhan utama Indonesia Timur di wilayah kerja Pelindo Regional 3 yaitu Pelabuhan Badas dan Waingapu

Dalam Perjanjian tersebut Pelindo melalui Pelindo Regional 3 mendapatkan amanah untuk mengelola sejumlah fasilitas di dua pelabuhan tersebut seperti optimalisasi pemanfaatan tanah, sejumlah gudang dan juga dermaga yang ada di pelabuhan yaitu Pelabuhan Badas di Sumbawa Nusa Tenggara Barat dan Pelabuhan Waingapu di Sumba Timur Nusa Tenggara Timur dengan tujuan meningkatkan dan menggerakkan perekonomian Indonesia Timur dan wilayah sekitar serta memberikan manfaat kepada negara melalui Pemasukan Negara Bukan Pajak (PNBP)

Sekretaris Jendral Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Arif Toha dalam kesempatannya mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi terwujudnya perjanjian ini. menurutnya hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk melakukan pemerataan ekonomi dan logistik di wilayah Timur melalui sejumlah fasilitas logistik yang memadai.

“Saya sangat senang dengan terwujudnya perjanjian ini, tentunya kami berharap penyerahan pemanfaatan sejumlah fasilitas milik negara ini menjadi langkah awal terwujudnya layanan logistik yang memadai di pelabuhan tersebut,” Jelas Arif Toha

Senada dengan pernyataan Arif Toha, Regional Head 3 PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Ardhy Wahyu Basuki mengatakan pihaknya sangat menyambut baik kerja sama ini. Menurutnya melalui amanah yang diberikan, pihaknya akan lebih leluasa dalam hal pemanfaatan dan pengoptimalisasikan berbagai fasilitas guna menghadirkan layanan logistik prima dengan tujuan memberikan manfaat pada ekonomi wilayah dan negara.

“Tentunya hal ini merupakan momen yang sangat kami nantikan, karena melalui perjanjian ini kami BUMN Kepelabuhan bisa segera menjalankan amanah pengelolaan dan pemanfaatan Pelabuhan ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan harapan pemerintah dan masyarakat,” Pungkas Ardhy Wahyu Basuki.

Sebelumnya, Negara melalui Kementerian Perhubungan telah melakukan pembangunan sejumlah fasilitas penunjang di dua pelabuhan milik Pelindo di wilayah Indonesia Timur yaitu Pelabuhan Badas dan Waingapu. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan layanan logistik dan berdampak pada peningkatan Ekonomi Indonesia Timur. (Hyu/Adv)

JPU KPK Tuntut Eddy Rumpoko 8 Tahun 6 Bulan
Ready Stok! Uang Baru BI NTB Rp3 Triliun Siap Tukar