Pemda Kabupaten Pasuruan Usulkan RDTR 2018-2023

Pemda Kabupaten Pasuruan Usulkan RDTR 2018-2023

Potretkota.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pasuruan mengusulkan empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), yaitu Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Peraturan Zonasi yang ada di Wilayah Gempol, Pandaan, Grati dan Wonorejo tahun 2018-2023.

Kepala Dinas PU Sumber Daya Air dan Tata Ruang, Kabupaten Pasuruan, Misbah Junib menjelaskan, dari empat usulan itu diajukan dan kini masih dalam diproses. Prosesnya sudah berjalan di pertengahan yang lalu. Dan pengajuanya langsung dipusatkan ke Kementrian.

Untuk itu, bagi pemohon baru yang ingin mengajukan tata ruang harus menggunakan sesuai aturan. Jadi tidak boleh sembarangan dan tidak bisa melanjutkan investasi kalau belum ditentukan tata ruangnya.

"Intinya kalau seseorang mau berinfestasi, RTRW nya harus ditentukan dulu, baru kalau sudah jelas dapat membangun. Perlu diketahui, RTRW ini diubah setiap lima tahun sekali. Mengenai pengembangan wilayah timur saat ini telah diplot kawasan perubahan industri. Tentunya ada di sebagian wilayah Grati dan Nguling," kata Misbah Junib.

Perlu diketahui, RTRW Kabupaten Pasuruan tahun 2009-2029 (Perda Kabupaten Pasuruan Nomor 12 tahun 2010) sudah mengamanatkan bagian dari wilayahnya yang perlu disusun RDTR-nya, serta pendekatan yang digunakan dalam penyusunan RDTR di wilayah Kabupaten Pasuruan berdasarkan ketentuan Pasal 60 Peraturan Pemerintah nomor 15 tahun 2010 menyebutkan bahwa ada beberapa wilayah administrasi desa seluruhnya maupun sebagian yang diusulkan menjadi rencana pengembangan kawasan perkotaan. (Mat)

PN Bangil Resmikan Program SIDAKU dan SIGAP
BPW Peradin Jatim Gelar PPA Angkatan ke-10