Pemilu 2019 Biasa Saja, Anggaran Luar Biasa

Dinamika Perpolitikan Nasional

Pemilu 2019 Biasa Saja, Anggaran Luar Biasa

Potretkota.com - Menyoroti dinamika politik yang berkembang, terutama kabar bohong (hoax) yang digunakan untuk menjatuhkan lawan politiknya, menurut Prof. Kacung Marijan, Phd, sangat cepat diketahui. Dikarenakan, era sekarang ini sudah terbantu oleh kecanggihan teknologi.

Prof. Kacung Marijan, Phd mencontohkan, kasus Ratna Sarompet yang mengklaim sudah dianiyaya orang tidak dikenal, dan pada akhirnya mengakui hal terseut adalah sebuah kebohongan, merupakan kegaduhan politik saja. “Maksud saya, lupakan saja biar tidak terjadi keributan,” katanya saat mengisi Seminar Dinamika Perpolitikan Nasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya, Kamis (4/10/2018).

Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Airlangga ini juga mengatakan, dalam dinamika politik di negara demokrasi itu sesuatu yang biasa. Asalkan, ada tiga hal yang harus diperhatikan, yakni pertama harus ada kompetisi yang sehat dalam pemilihan Presiden ataupun kepala daerah, kedua, harus ada partisipasi public dan ketiga adanya hak sipil dalam politik untuk menentukan pilihannya.

“Bila menyadari ketiga unsur tersebut maka persaingan dalam merebutkan kekuasaan tidak akan menimbulkan konflik yang tajam, karena dipandang sebagai kewajaran. Persaingan antara kedua Calon Presiden, Pak Prabowo dan Pak Jokowi itu wajar-wajar saja,” tambah pria yang akrab disapa Kacung ini.

Kacung menyebut, antusias Pemilu tahun ini (tahun 2019) tidak begitu tinggi dibanding tahun sebelumnya. Ia mencontohkan pada tahun 1999, itu pemilu yang paling luar biasa pertarungannya. “Dibanding tahun 1999, konflik tahun ini tidak ada,” pungkasnya.

Meski demikian, Ketua KPU KPU, Arief Budiman mengaku, Pemilu 2019, uang yang sudah digelontorkan sangat besar. “Pemilu kedepan akan melibatkan sesuatu yang lebih besar, terutama uang dengan jumlah besar dan orang yang sangat banyak,” ujarnya, enggan menyebut total anggaran yang akan disiapkan.

Arief berharap, dengan dikeluarkannya anggaran yang sangat luar biasa, pemula agar lebih cerdas. “KPU sudah menyediakan akses yang baik melalui web site resmi yang dapat dilihat oleh pemilih. Di situ, semua dapat mengenali calon masing-masing yang akan dipilih. Lebih mudah (melihat calon yang dipilih), jadi jangan asal milih,” ungkapnya, sudah mengantisipasi adanya informasi hoax.  (Qin)

Gus Ipul Keget KPK Tangkap Wali Kota Pasuruan
SDN Tanah Kalikedinding I No 251 Juara Eco Preneur