Plengsengan Penyangga SMPN 1 Tosari Longsor

Plengsengan Penyangga SMPN 1 Tosari Longsor

Potretkota.com - Sejak diguyur hujan deras membuat plengsengan penyangga tebing di Sekolah Menengah Pendidikan (SMP) Negeri 1 Tosari longsor. Sekolahan tersebut terletak di Dusun Kertoanom, Desa Tosari, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan.

Atas terjadinya longsor itu membuat jalan penghubung antara Desa Tosari dengan Podokoyo sempat tertutup tertimbun tanah dan sempat mengalami kepadatan pengendara. Hasil yang didapat Potretkota.com, bahwa bencana longsor yang ada di Desa Tosari terjadi hari Selasa (16/11/2021).

Menurut salah satu warga setempat, Heri mengatakan plengsengan penyangga SMPN 1 yang longsor terjadi sejak diguyur hujan deras. Sekolaan tersebut berada di dekat Bromo Cottage. Mengenai titik longsor yang lain itu tidak ada, hanya satu titik di SMPN 1 itu saja," tutur Heri pada reporter, Rabu (17/11/2021).

Sementara Kades Tosari Imron, membenarkan sekolah di SMPN 1 Tosari terjadi longsor. “Longsornya sekolah itu dibagian plengsengan penyangga di area tebing. Ambrolnya plengsengan itu sekitar 15 meter dengan ketinggian 6 meter. Ini disebabkan hujan deras. Atas hal itu, sementara para pelajar di liburkan,” katanya.

Menurutnya, untuk lokasi jalan yang kena longsor tertimbun tanah sudah dibersihkan. “Sekarang plengsengan yang terdampak longsor tinggal nunggu perbaikan program dari pemerintah. Namun bencana longsor yang terjadi di SMPN 1 Tosari tersebut sudah mengetahui semua termasuk dari Dinas terkait," tambah Imron. (Mat)

Tahun 2022, Banyak Bantuan Pendidikan di Surabaya
Presiden Lantik Panglima TNI Andika Perkasa