PN Bangil Resmikan Program SIDAKU dan SIGAP

PN Bangil Resmikan Program SIDAKU dan SIGAP

Potretkota.com - Pengadilan Negeri (PN) Bangil Kelas I B telah meresmikan dua program andalan yaitu SIDAKU (Sistem Integrasi Data Kependudukan), dan SIGAP (Sita, Geledah, dan Penahanan). Tentunya program ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam peresmian ini, dilakukan oleh Ketua PN Bangil AFS Dewantoro, Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Jawa Timur Harry Siswantoro, dan Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf. Selain itu dihadiri oleh sejumlah jajaran Forum Pimpinan Komunikasi Daerah (DPRD) Kabupaten Pasuruan, Senin (22/2/2021)

Ketua PN Bangil, Kabupaten Pasuruan, AFS Dewantoro mengatakan, program SIDAKU ini merupakan sistem yang terintegrasi dengan Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan. Sidaku ini digunakan untuk data perubahan nama yang ada di KTP, perubahan data tanggal, perceraian dan sejenisnya yang terkoneksi dengan Dispendukcapil. Tak hanya itu, program SIDAKU juga dapat memudahkan pelayanan masyarakat dalam integrasi. "Sehingga, masyarakat tidak perlu lagi ke Pengadilan, cukup datang ke Dispendukcapil. Program ini yang akan jalan dengan sendirinya," katanya

Selain program SIDAKU, ada juga program SIGAP yang secara pelayananya terintegrasi dengan Polres Pasuruan. Jadi kegunaan sistim SIGAP ini untuk sita, geledah, dan penahanan. "Jika sudah ada SIGAP, maka anggota Polres tidak perlu bolak-balik ke Pengadilan. Cukup tinggal menggunakan aplikasi SIGAP, permasalahan jadi mudah," tambahnya.

Menanggapi program ini, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mendukung penuh langkah pengadilan. Ia sangat sepakat ketika pengadilan terus meningkatkan pelayanan untuk masyarakat. "Berharap Pengadilan terus berinovasi agar pelayanan masyarakat bisa ditingkatkan," singkatnya.

Senada, Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Jawa Timur, Herri Swantoro, berharap program ini bukan hanya sekadar seremonial semata. "Artinya bukan hanya euforia sesaat. Mudah-mudahan ini berkelanjutan dan dua siatim layanan ini bisa memberikan manfaat untuk masyarakat," pungkasnya. (Mat)

Arek Punk Surabaya Berbagi
Pemda Kabupaten Pasuruan Usulkan RDTR 2018-2023