PN Surabaya  Sosialisasi Program E-Court

Layanan Online Perkara Gugatan Dibuka

PN Surabaya Sosialisasi Program E-Court

Potretkota.com - Layanan pendaftaran perkara gugatan secara online di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya sudah dibuka, Jumat (13/7/2018). Sosialisasi di layar monitor ini (terkoneksi langsung dengan internet) secara live dengan pihak Mahkamah Agung.

Ketua PN Surabaya, Sujatmiko, SH, MH pada Potretkota.com mengatakan, Program E-Court tersebut berdasarkan terbitnya Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 3 tahun 2018, yakni tujuan utama untuk memudahkan proses adminstrasi di Pengadilan seluruh Indonesia.

“Kita sudah mencetak buku panduan maupun brosur serta terciptanya kesepakatan bentuk kerjasama dengan Bank BTN sebagai alat pembayaran,” kata Sujatmiko.

Menurut Sujatmiko, bahwa pendaftar yang sudah register akan ada informasi balik berupa notifikasi. “Bisa saat itu juga mendapatkan notifikasi bagi pendaftar yang sudah di register,” celetuknya di sambut tepuk tangan.

Sementara, Hery salah satu Kepala Cabang Bank BTN wilayah Surabaya mengaku, pembayaran bisa dilakukan online full day meski hari libur, dengan ATM, ataupun M-Banking. “Dari bukti pembayaran terkait notifikasi yang mengeluarkan adalah lembaga Pengadilan Negeri Surabaya,” ujarnya.

BAGA JUGA: PN Surabaya Jadi Percontohan Aplikasi E-Court

Dalam kesempatan ini, terlihat Sujatmiko dan pejabat PN Surabaya berkomunikasi langsung dengan pejabat Mahkamah Agung. Meski jaringan internet terihat belum maksimal (suara tersendat-sendat, red), pada inti pesan singkat obrolan dilayar monitor, berharap para advokat dalam mendaftarkan tidak menggunakan alamat abal-abal guna menghindari munculnya permasalahan hukum.

Tidak ingin kebingungan saat penaftaran, salah satu pengacara Iwan Kuswara memanfaatkan dengan mengawali pendaftaran secara online. (Yon)

Menyoal Tangkapan SPBU Tegalsari, Polda Jatim Menolak Wawancara
Diduga Mabuk, Cewek Marah-marah di Kantor Polisi