PT Hongxin Algae International Selundupkan WNA

Izin Wisata, Pekerja asal Cina Ditangkap

PT Hongxin Algae International Selundupkan WNA

Potretkota.com - Liu Mingxi, Warga Negara Asing (WNA) asal Cina ditangkap petugas Imigrasi Kelas 1 Tanjung Perak Surabaya. Pria 49 tahun ini diamankan karena dokumen paspor dan status izin wisata untuk tinggal di Indonesia.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Tanjung Perak Surabaya Romi Yudianto mengatakan, penangapan dilakukan adanya warga Cina bernama Liu Mingxi sebagai teknisi di pergudangan Margomulyo Surabaya atas sponsor PT Hongxin Algae International.

“Laporan tersebut langsung di tindaklanjuti, saat kami kroscek ternyata benar, sehingga kami tangkap,” tegas Romi dihadapan awak media, Senin (10/9/2018).

Romi menambahkan, setelah diperiksa, pihaknya mendapati kelengkapan yang digunakan adalah paspor wisata dan izin tinggalnya telah habis. Liu Mingxi sendiri, dianggap pihak imigrasi melanggar Pasal 122 (a) UU Nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian. “Tidak menutup kemungkinan Liu Mingxi akan di deportasi ke negaranya,” tambahnya.

Untuk diketahui, mulai Januari hingga September 2018, Imigrasi Kelas 1 Tanjung Perak Surabaya, melakukan penindakan sekitar 53 Warga Negara Asing (WNA) dari berbagai negara.

Ke 53 WNA tersebut berasal dari Cina sebanyak 41 orang, India 4 orang, Malaysia 2 orang, Taiwan 2 orang, Amerika Serikat 2 orang, Bangladesh dan Belanda masing- masing 1 orang.

Dari catatan yang ada, PT Hongxin Algae International juga pernah menyelundupkan warga Cina di Situbondo, Selasa (10/1/2017). Saat itu yang tertangkap Cai Liandui (42) dan Liu Yangwei (22). Modusnya sama, yaitu keduanya tidak bisa menunjukkan dokumen, namun hanya bisa menunjukkan paspor kunjungan wisata. (Tio)

Polsek Semampir Tangguhkan Penadah Emas
Prabowo Subianto Diundang Bersholawat