PT Pelindo III Gali Potensi Inovasi Pegawai

PT Pelindo III Gali Potensi Inovasi Pegawai

Potretkota.com - Tiap kegiatan usaha memerlukan proses inovasi yang tidak pernah berhenti. Revolusi Industri 4.0 juga menuntut adanya upaya terobosan, termasuk di dalam industri kepelabuhanan. Untuk itulah PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menggelar ajang adu kreativitas dan inovasi dengan nama Inno Reactivation.

Bertempat di Grha Barunawati, dan digelar selama dua hari, Kamis (30/1/2020) dan Jumat (31/1/2020), kegiatan Inno Reactivation menampilkan berbagai innovasi menarik dan inovatif karya pegawai Pelindo III.

Berbagai inovasi tersebut dirancang untuk keperluan internal hingga eksternal Pelindo III, di antaranya layanan digitalisasi proses meeting, perencanaan tambat dan bongkar muat secara online (Meeting Online), layanan informasi ketersediaan tambatan kapal di terminal Pelindo III (Magic Berthing), aplikasi pendaftaran online dan informasi waktu tunggu pelayanan dokter, farmasi dan estimasi biaya di PHC (Track & Flow PHC), hingga aplikasi mobile terminal yang membantu pengguna jasa untuk mendapatkan informasi dan bertransaksi secara online (Libas).

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, semua inovasi dalam bidang teknologi dan informasi yang dirancang dan dihadirkan ini tidak hanya bermanfaat untuk internal Pelindo III tapi yang terpenting adalah menghadirkan layanan yang bisa dirasakan langsung untuk eksternal perusahaan, terutama para pengguna jasa. Ia mengharapkan, semua produk inovasi tersebut semakin meningkatkan produktivitas dan kinerja Pelindo III dan meningkatkan kepuasan para pengguna jasa.

“Kami terus berupaya untuk relevan dengan perkembangan zaman menghadirkan berbagai inovasi pelayanan berbasis teknologi dan informasi. Ada yang untuk internal kita sendiri tapi ada juga yang untuk eksternal terutama pelanggan jasa kita. Yang terpenting adalah bagaimana para pengguna jasa bisa merasakan langsung kemudahan pelayanan yang lebih cepat dan efisien sehingga produksi mereka juga bisa meningkat. Hal ini secara tidak langsung juga berkontribusi pada peningkatan ekonomi Indonesia,” ujar Doso Agung.

Sementara itu ketua ALFI Jawa Timur Hengky Pratoko yang juga hadir langsung dalam acara Inno Reactivation tersebut mengapresiasi berbagai inovasi pelayanan yang sudah dihadirkan Pelindo III bagi para pengguna jasanya. Hal ini membuat proses kegiatan kepelabuhanan lebih efisien, cepat, dan mudah. Dirinya pun berharap acara seperti ini terus digelar setiap tahunnya dan menggandeng perwakilan pengguna jasa sehingga bisa saling memberikan masukan dan ide bagi kemajuan pelabuhan di Indonesia.

“Kami perwakilan pengguna jasa mengapresiasi Pelindo III dalam memberikan layanan kepada kami terutama beberapa inovasinya yang berbasis teknologi dan informasi sehingga semua proses kepelabuhanan yang kami ajukan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja hanya dengan smartphone. Kami berharap komunikasi seperti ini tetap rutin digelar agar ada tukar ide dan masukan antara penggunan jasa dan operator pelabuhan khususnya Pelindo III,” pungkas Hengky Pratoko.

Kegiatan Inno Reactivation juga menghadirkan Head of Logistic Product Gojek, Junaidi sebagai salah satu pembicara. Dalam kesempatan tersebut, Junaidi mengatakan bahwa Pelindo III memiliki potensi cukup besar dalam meningkatkan pelayanan jika bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi. Terlebih lagi Pelindo III bergerak di bidang usaha jasa sehingga dituntut untuk menghadirkan layanan yang cepat mudah dan efisien.

“Sebagai salah satu operator pelabuhan terbesar di Indonesia, Pelindo III harus bisa terus menghadirkan pelayanan yang inovatif dan efisien. Salah satu cara untuk mewujudkan itu adalah relevan dengan perkembangan teknologi dan informasi. Kami lihat berbagai layanan dan aplikasi yang dipamerkan tadi bisa semakin membuat Pelindo III sukses dan tidak terjebak dengan pola-pola konvensional,” ujar Junaidi. (Hyu)

Pencuri Warkop Gusdur Dijerat Pasal Penganiyaan
Stefanus Stanislas Hajar Pacar Berhari-hari