Ratusan Massa Tagih Kejati Jatim Usut Korupsi P2SEM
Perwakilan massa AMJM ditemui Aspidsus Kejati Jatim Didik Farkhan Alisyahdi, Rabu (31/1/2018).

Ratusan Massa Tagih Kejati Jatim Usut Korupsi P2SEM

Potretkota.com – Ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Jatim Menggugat (AMJM), berdemo di gedung Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur, Para demonstran managih janji dan mendesak korps adhiyaksa ini mengusut korupsi Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM).

"Kami datang untuk menagih janji. Tuntutan kami jelas, Kejati Jatim harus melanjutkan kasus P2SEM," kata juru bicara AMJM Basuki, saat berorasi, Rabu (31/1/2018).

Menurut Basuki, skandal P2SEM adalah perampasan hak rakyat. Mekanisme penyaluran dana hibah tersebut diatur dalam Peraturan Gubernur No: 72/2008. P2SEM merupakan bantuan langsung kepada masyarakat akibat dampak kenaikan BBM pada tahun 2007. Bantuan langsung ini disalurkan melalui Kelompok Masyarakat (Pokmas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Sementara pelaksana program bantuan langsung tersebut adalah Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Provinsi Jatim.

“Hingga saat ini, sudah 10 tahun, kasus P2SEM belum bisa dibongkar oleh Kejati Jatim. Terlepas dari praduga bahwa ada unsur kesengajaan untuk melakukan pembiaran atas kasus ini,” terang Basuki.

Sementara, Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jatim Didik Farkhan Alisyahdi pada demonstran mengaku, pihaknya sudah bergerak dan masih melakukan penyelidikan."Kami sudah bergerak dan saat ini masih melakukan penyelidikan dan belum bisa kami bisa kami sampaikan,” dalihnya.

Seperti diketahui, Ketua DPRD Jatim periode 2004-2009 Fathorrasjid ditangkap dan dihukum atas keterlibatannya dalam skandal dan tindakan korupsi P2SEM. Namun pasca penangkapan itu pengusutan dan penuntasan kasus P2SEM seakan terhenti.

Sampai akhirnya Ketua DPRD Jawa Timur periode 2004-2009 tersebut meninggal dunia tahun 2017. Lalu pada November 2017, Kejati Jatim juga berhasil menangkap terpidana kasus korupsi P2SEM, dr Bagoes Soetjipto yang kabur ke Malaysia selama enam tahun. Saat penangkapan, Kejati Jatim menyatakan akan membuka kembali kasus P2SEM pada awal tahun 2018. Namun, hingga demonstran berlangsung belum juga ada tersangka baru. (Tio)

PSHT Surabaya Cari Pesilat Mental Juara
Nobar Gerhana Bulan di Pinggiran Kota Surabaya