Rias Pengantin Khas Pasuruan Layak Dikembangkan

Rias Pengantin Khas Pasuruan Layak Dikembangkan

Potretkota.com - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Rias Yudikari Dratista telah melakukan kunjungan ke peserta uji kompetensi tata rias pengantin Tuk Widya yang ada di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Selasa (2/2/2021)

Dalam kunjunganya, Wakil Ketua Dewan dari Politisi Partai Golkar ini mengapresiasi kegiatan para peserta tata rias pengantin. Berharap potensi khas rias Kabupaten Pasuruan dapat dikembangkan.

Rias Yudikari Drastika juga mengatakan, setelah melihat peserta kontes uji kompentensi rias pengantin, rasanya bangga sekali mempunyai khas rias dari Kabupaten Pasuruan. Ia berharap kedepan DPRD Kabupaten Pasuruan bisa mendorong dan mensuport acara ini, supaya potensi rias bisa di kembangkan. "Karena kalau dinilai potensi yang dimiliki Kabupaten Pasuruan saat ini sepertinya benar-benar bisa dikembangkan," katanya.

Lebih lanjut Rias Yudikari, menjelaskan, selama ini dijumpai hanya ada rias-riasan khas Solo dan khas Jogja. "Maka tak kalah hebatnya kita nanti harus kembangkan khas Pasuruan. Jika kita mempunyai Khas rias Kabupaten Pasuruan rasanya sangat bangga sekali. Mudah-mudahan khas rias Kabupaten Pasuruan ini bisa dikembangkan dan dikenal di Jawa Timur. Berharap rias Khas Kabupaten pasuruan bisa dikenal masyarakat luas dan bisa dinikmati bersama," ujarnya.

Menurutnya, Kabupaten Pasuruan punya potensi tata rias yang luar biasa. Dengan kegiatan siang hari ini, para peserta tata rias telah mengangkat tema krudung syariah. "Hal ini menurut kami sangat pas sekali dengan budaya Pasuruan yang notabe nya Kota Santri. Mudah-mudahan, ini nanti bisa kita kembangkan dan bisa diterima oleh masyarakat," tambah Rias Yudikari Drastika.

Satu hal yang paling penting menurt Rias Yudikari Drastika adalah suport dari Pemerintah Daerah, bagaimana potensi ini benar-benar di harapkan dan bisa di Hak Paten kan serta di Sosialisasikan.

"Ini dilakukan supaya biar menjadi hak Paten Kabupaten Pasuruan. Sebagaimana nanti orang Pasuruan bisa melaksanakan pakaian adat khas Kabupaten Pasuruan sendiri. Mudah-mudahan nanti dari legeslasi melalui anggota Dewan dapat memfasilitasi dan bisa mensuport untuk menyampaikan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang lain," pungkas Rias Yudikari Drastika. (Mat/Adv)

PT DLU Peduli Bencana Kalimantan dan Sulawesi
Gelar Perkara KM Senja Persada Rencana Minggu Ini