SDN Tanah Kalikedinding I No 251 Juara Eco Preneur

SDN Tanah Kalikedinding I No 251 Juara Eco Preneur

Potretkota.com - Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tanah Kalikedinding I No 251 Surabaya, merupakan sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Tak heran jika dibawah pimpinan Kepala Sekolah Drs H Saepulloh, siswa-siswi berhasil merebut juara 3 sebagai sekolah berkeunggulan Adiwiyata, yang peduli lingkungan hidup plus belajar berwirausaha.

“Progam unggulan kita Adiwiyata dan Eco Preneur ini mau masuk ke tingkat Provinsi. Kita juara 3 Ecopreneur dari 8 sekolah SD Negeri se Surabaya, yang persertanya ada puluhan ribu,” kata Saepulloh pada Potretkota.com.

Menurut Saepulloh, selama proses belajar mengajar, anak didiknya diajarkan untuk peduli terhadap lingkungan, penghijauan, dan kebersihan. “Di tempat (sekolah) ini juga bebas dari sampah platik,” akunya.

Selain diajarkan peduli lingkungan, SDN yang terkatagori favorit di Surabaya ini, juga mengajarkan para siswa untuk mengenal perbedaan sampah yang bisa dikelolah atau didaur ulang lagi.

"Kami juga mengajarkan kemandirian anak untuk peduli lingkungan dan bagaimana berwirausaha. Seperti botol-botol hasil sampah dipisah oleh anak-anak,” terang Saepulloh.

Saepulloh mencontohkan, botol plastik atau kardus yang ada dirumah jangan dibuang. Timbunan sampah bisa menjadi barang yang amat berharga bila ada Eco Preneur yang jeli untuk memanfaatkan peluang. Berbekal kreativitas, sampah yang terbuang bisa menjadi produk baru bernilai tinggi. “Karena, kami sudah suruh anak-anak agar dibawa ke sekolahan. Ada sekitar 40 anak yang mengurusi (sampah) itu,” ujarnya.

Sekolah yang berada di Jl Kalilom Lor Indah No 1-3 Surabaya ini, disebut Saepulloh juga membentuk para siswa-siswi agar ampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. “Disitulah kita mengajarkan peduli lingkungan dan mengajarkan hidup sehat pada anak-anak,” pungkasnya. (SA)

Pemilu 2019 Biasa Saja, Anggaran Luar Biasa
Polda Jatim Kirim Bantuan Gempa Palu dan Donggala