Sehari Pasca Pelantikan, PKL Pendukung ERJI Diobrak

Sehari Pasca Pelantikan, PKL Pendukung ERJI Diobrak

Potretkota.com - Sehari pasca pelantikan Eri Cahyadi dan Armudji (Erji) sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya, markas tim pendukung Erji diobrak Satpol PP Kota Surabaya, Sabtu (27/2/2021) sore, Jl Gubeng Pojok (Bawah Viaduk) Surabaya.

Markas berupa warung kopi (warkop) lesehan yang biasanya dibuat rapat oleh para pendukung Wali Kota Surabaya, diobrak tanpa ada surat teguran terlebih dahulu.

"Perintah pimpinan suruh tutup, tutup sendiri apa saya panggilkan pasukan untuk menertibkan," bentak Fajar tim odong-odong Satpol PP Kota Surabaya.

Meskipun pihak penjaga Pedagang Kaki Lima (PKL) mengatakan, bahwa tempatnya merupakan markas pendukung Erji, namun, Fajar Satpol PP kota Surabaya, tidak mempedulikannya.

"Dia tetap memaksa suruh nutup, tanpa diberi arahan. Semisalnya batas waktu buka tutup aturan saat ini tentang pandemi PPKM Mikro, kita engga tau," kata Ipin penjual kopi kepada Potretkota.com.

Ipin sangat menyayangkan hal tersebut, apalagi ketika para pedagang kecil dipaksa suruh tutup tanpa dikasih arahan. "Saya juga punya keluarga punya anak, termasuk saya juga asli kelahiran Surabaya. Masak jualan di kota sendiri, seperti buronan," tambahnya.

Pria gondrong yang menjadi bagian tim pemenangan Erji ini berharap, Eri Cahyani Wali Kota Surabaya yang baru dilantik bisa mendengar dan menanggapi keluhan pedagang kecil. "Waktu ada kegiatan sosialisasi Pak Eri di jalan Kutai, dulu saya juga hadir. Karena memang bagus karena meneruskan kebaikan Bu Risma," pungkasnya.

Sementara, Kepala Satpol PP Kota Surabaya Eddy Christijanto saat dikonfirmasi tidak membantah dilakukan penertiban terhadap PKL. "Setiap hari yang ditemukan dijalan-jalan protokol kita tertibkan,” ujarnya.

Hal itu terlebih, disebut Eddy Christijanto mengurangi kerumunan saat pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro. "Dimassa pandemi kita kurangi kerumunan. Apalagi massa PPKM," pungkasnya. (Tio)

Gubernur Jatim Lantik ERJI Jadi Wali Kota Surabaya
GPD: Semoga Jaksa dan Hakim Ingat Sumpah Jabatannya