STMJ Sachet Merek Ocyson Terbuat Dari Susu Bubuk Kadaluarsa

STMJ Sachet Merek Ocyson Terbuat Dari Susu Bubuk Kadaluarsa

Potretkota.com – Polrestabes Surabaya membongkar home Industri pembuat bubuk, Susu Telor Madu Jahe (STMJ) dan gula jahe dalam bentuk sachet merek Ocyson yang mana isinnya tidak sama dengan komposisi yang tertera dalam kemasan. Home industri tersebut berada di Jalan Bulak Kali Tinjang Baru 1 B/29 Kenjeran, Surabaya.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan pada wartawan mengatakan, bahwa terungkapnya kasus tersebut merupakan hasil kerjasama kepolisian dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Jatim dibantu oleh Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

“Kami ungkap kegiatan produksi dan pengemasan makanan olahan yang menyalahi aturan dan tak aman,” kata Rudi pada wartawan, Jum’at, (29/12/2017).

Rudi juga menjelaskan, pada kemasan STMJ Sachet Merek Ocyson tertulis Komposisi susu, telor, gula dan madu,. Namun, produk ini ternyata tidak ada gula dan madu. Hal tersebut diketahuinya setelah dilakukan pemeriksaan dan uji laboratorium.

“Bahan baku susu bubuk yang digunakan, juga sudah kadaluarsa. Susu bubuk dibuat 2013 dan kadaluarsa 25 Maret 2015, masih juga digunakan sebagai campuran,” jelas Rudi.

Untuk diketahui, Mis (47) pemilik UD. Ocy Jaya selama bertahun-tahun telah membuat usaha STMJ Sachet Merek Ocyson. Berkantor Kapas Gading Madya III Tengah 48 Surabaya, perusahaan home industri ini mampu memproduksi 5.000 sachet (bungkus) perhari. Pruduk tanpa izin edar ini, dipasarkan di Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan juga ke Kalimantan dengan harga Rp 1.250 per bungkusnya.

Atas tindakan ini, Mis dijerat Pasal 140 jo Pasal 86 ayat (1), Pasal 142 Jo pasal 91 ayat (1), Pasal 144 jo Pasal 100 ayat (1) UU RI No 18 Tahun 2012 tentang Pangan,

Selain dijerat UU Pangan, usaha milik Mis juga disegel kepolisian. Barang bukti yang diamankan yakni, 73 sak susu kadaluarsa, 3 kontainer box bahan STMJ, 1 kontainer box STMJ siap jual, 2 karung tepung tapioka, berbagai macam mesin produksi, 6 buah keranjang jahe, 13 drum penyimpanan STMJ, dan puluhan bahan produksi STTMJ. (Tio)

Bank Indonesia Musnahkan 82.897 Lembar Uang Palsu
Proyek Pemkot Surabaya Rp 2,8 Miliar Tanpa Lelang