Tahun Ini, Jamaah Haji Dilengkapi Kode QR Code

Tahun Ini, Jamaah Haji Dilengkapi Kode QR Code

Potretkota.com - Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, mulai tahun ini jemaah haji indonesia akan menggunakan gelang yang telah dilengkapi dengan kode QR Code atau Barcode yang berisi tentang data jemaah. Inovasi baru Kementerian Agama ini untuk memudahkan indentifikasi jemaah yang berisi data jemaah.

“Jika pada tahun-tahun sebelumnya, petugas haji mengidentifikasi jemaah haji yang tersesat dengan menginput nomor porsi atau nomor daftar haji, tahun ini cukup dengan memindai scan kode QR Code yang terdapat dalam gelang jamaah. Hal ini merupakan sistem pertama di Indonesia,” Abdu Shomad, kata petugas pembuat gelang haji, Sabtu (21/7/2018).

Menurut Abdu Shomad, pembuatan gelang haji dilakukan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. “Ada 11 pekerja dari Jepara Jawa Tengah. Dalam sehari mampu menyelesaikan ribuan gelang untuk 3 hingga 4 kloter jemaah calon haji Embarkasi Surabaya,” terangnya.

Abdu Shomad berharap, dengan adanya gelang kode barcode ini, tingkat kesalahan dalam identifikasi jemaah haji akan lebih kecil dibanding tahun sebelumnya yang dilakukan secara manual. Selain itu kualitas bahan yang digunakan tidak mudah rusak. (Jar)

2 Pelaku Curanmor Spesialis Rumah Kost Digembosi
Warga Perak Terancam Diusir PT Pelindo III