Tidak Bayar BPJS, CEO PT Philtera Dipenjara

Tidak Bayar BPJS, CEO PT Philtera Dipenjara

Potretkota.com - CEO PT. Philtera, Song Jin Ho (51) Warga Negara Asing (WNA) asal Korea Selatan yang tinggal di Stamford Place ST 3/06 Citraland Surabaya, duduk dipesakitan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Selasa (10/7/2018).

Pria kelahiran 1967 ini disidang lantaran tidak tertib membayat asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Karena tidak bisa berbahasa Indonesia, Jaksa Penuntut Umum dari Kejati Jatim Nur Rachman tidak membacakan dakwaan seperti biasanya.

Pada Ketua Majelis Hakim Maxi Sigarlaki, Jaksa Nur Rachman hanya menyampaikan pokok permasalahan saja. "Pada intinya iuran BPJS yang diterima tidak disalurkan ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker),", katanya diruang sari PN Surabaya.

Untuk diketahui, dalam perkara 1851/Pid.Sus/2018/PN SBY, Song Jin Ho membuat usaha yang bergerak dibidang telekomunikasi (IT) untuk layanan Internet, Pay TV dan Multimedia,. Perusahaan ini kemudian merekrut dan saat ini mengupah sejumlah pegawai dengan gaji bulanan Rp. 3.360.000. Gaji kemudian dipotong Rp. 30.450 untuk BPJS Kesehatan.

Karena pembayaran BPJS tidak beraturan atau sering menunggak beberapa bulan, Bhakti Sanyoto mantan Manager Logistik PT Philtera melaporkan kasus ini ke Polda Jatim. Akibat perbuatannya, Song Jin Ho dijerat Pasal 55 UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. (Yon)

5 Bulan Kasus Jasmas 2016 Masih Penyelidikan
Jaksa Tuntut Bos Kapal Lukman Ladjoni 1 Bulan Saja