UNBK SMA Hari Pertama Berjalan Lancar
UNBK hari pertama di SMAN 1 Ketapang Sampang, Madura

UNBK SMA Hari Pertama Berjalan Lancar

Potretkota.com - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dilaksanakan secara serentak di Indonesia, mulai 9 - 12 April 2018. Hari pertama, termasuk di Jawa Timur pelaksanaan UNBK berjalan lancar, Senin (9/4/2018).

Dihadapan awak media, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Saiful Rachman saat memantau ujian hari pertama di Surabaya mengaku, tahun ini siswa SMA/MA sudah 100 persen melaksanan UNBK. "Di Jatim tercatat ada 172.102 siswa SMA dan 100.237 siswa MA yang mengikuti UNBK dari 1.491 SMA dan 1.630 MA," katanya.

Saiful Rachman mengungkapkan, prosesnya tidak seperti Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) yang ada cetak, distribusi dan penyimpanan. "Soal antara satu komputer dengan komputer lain tidak sama," ungkapnya.

Tahun ini, menurut Saiful setiap ruangan ujian diawasai CCTV, otomatis pengawas dan proktor di luar. Hal ini untuk mendidik membiasakan membuat jujur. "Lama lama tanpa mesin akan bekerja dengan baik. Kontrol diharap mereka mengerjakan serius. Tidak ada istilah meremehkan. Saat mengerjakan, salah jika ada waktu masih bisa diperbaiki," paparnya.

BACA JUGA: Pengawasan UNBK Lewat CCTV Diapresiasi Gubernur

Untuk mendukung kelancaran UNBK, Dinas Pendidikan Jatim saat ini telah bekerja sama dengan PLN. Kerjasama ini mengantisipasi adanya listrik mati.

Sementara, untuk memastikan pelaksanaan UNBK berjalan lancar, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan meninjau sekolah tingkat SMA di Surabaya. Mantan Direskrimsus Polda Sumatera Selatan ini juga memastikan tidak ada kebocoran soal maupun gangguan jaringan teknologi saat pengerjaaan soal melalui komputer.

Terpisah, Septi Kartika salah satu guru SMAN 1 Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura mengaku senang, karena ditempatya berkerja UNBK juga berjalan lancar. "Alhamdulillah semua berjalan lancar," tutupnya. (Ant/Hyu)

Abaikan Prestasi, Wijanarko Incar Posisi Ketua PBSI
Petugas PDAM Gadungan Gondol Perhiasan