4 Kali Pelindo Tuan Rumah INAP

4 Kali Pelindo Tuan Rumah INAP

Potretkota.com - Setelah tahun 1999, 2006, dan 2012, kali ini PT Pelindo III wilayah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, kembali jadi tuan rumah konferensi tahunan organisasi International Network of Affiliated Ports (INAP). Acara tahunan ini berlangsung di salah satu hotel pusat Surabaya, 23-24 Januari 2019.

“Konferensi internasional ini bertujuan untuk memudahkan jaringan bisnis distribusi barang antar pelabuhan yang sudah menjadi anggotanya. Juga mengembangkan penggunaan teknologi, sistem handling, dan standar pelayanan pelabuhan,” kata CEO Pelindo III Regional Jawa Timur Onny Djayus, Kamis (23/1/2019).

Sementara, Ketua INAP terdahulu yaitu Capt. Athula Hewavithara, Managing Director Port of Colombo, Sri Lanka Port Authority berharap agar di masa mendatang kerjasama melalui organisasi INAP dapat ditingkatkan lingkupnya. “(Nantinya) tidak hanya antara pelabuhan utama negara yang digagas melalui Kerjasama Sister City tetapi juga dengan Perusahaan Pelayaran yang beroperasi di pelabuhan peserta serta antar Terminal Petikemas,” harapnya.

Hal senada disampaikan Mr. S.D Weerasinghe, Foreign Training Coordinating Officer Port of Colombo - Sri Lanka, Sri Lanka Port Authority menambahkan, tentang manfaat dari kerjasama organisasi INAP yaitu untuk menjembatani kerjasama perdagangan di antara berbagai pelabuhan negara yang tergabung dalam organisasi INAP. “Diharapkan di masa mendatang, organisasi INAP dapat meluaskan keanggotaannya tidak hanya diantara Pelabuhan Penggagas Organisasi INAP tetapi juga lebih luas dengan Perusahaan Pengelola Pelabuhan Utama Negara baik pemerintah maupun swasta,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Chairman INAP 2019 Muhammad Ali Affandi menyebut, sangat memanfaatkan acara ini. Sebab, menurutnya banyak pelajaran yang didapat. “Salah satu projek kami yakni pertukaran pagawai atau teknologi, yang akan mempelajari inrastruktur ke pelabuhanan,” imbuhnya.

Perlu diketahui, saat ini INAP sudah beranggotakan 10 pelabuhan yaitu Cebu Port, Subic Bay, dan Davao Port (Filipina), Chittagong Port (Bangladesh), Colombo Port (Sri Lanka), Dangjin Port (Korea), Transnet Port Terminal (Durban, Afrika Selatan), Kochi Prefectual Government (Jepang), Mokpo Newport Terminal (Korea), Qingdao Port (China), dan Pelabuhan Tanjung Perak (Indonesia). Pelindo III sebagai operator terminal di Pelabuhan Tanjung Perak merupakan anggota tetap sekaligus merupakan pendiri INAP. (Hyu)

26 Ribu Ton Jagung Brazil Dikirim ke Daerah-daerah
Uang Penggelapan SPBU Mengalir ke Gereja