Kantor Dishub Jatim Didemo

Dishub Jatim: Permenhub No 108 Tahun 2017 Melindungi Penumpang

Kantor Dishub Jatim Didemo

Potretkota.com - Ratusan Massa yang tergabung diasosiasi sopir taksi online Jawa Timur, mendemo Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur (Jatim) di jalan Ahmad Yani Surabaya. Kedatangnya yakni menolak, Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

"Ini tidak adil karena aturan tersebut disamaratakan dengan angkutan umum," katanya selaku korlap aksi demo, Senin, (29/01/2018).

Menurut Robert, dalam peraturan dirasa memberatkan untuk driver online dimana meraka diwajibkan menggunakan SIM A Umum, uji KIR serta penempelan striker pada mobil. Hal tersebut diniai, penempelan stiker, akan menambah masalah baru.

"Nantinya kami akan mendapatkan perlakuan buruk, diusir dan diintimidasi di terminal, bandara maupun stasiun. Oleh karenanya kami menolak adanya aturan-aturan sepihak tersebut," tegasnya Robert.

Sementara, Kabid Angkutan dan Keselamatan Jalan Dishub Jatim Isa Ansori, menjelaskan permenhub Nomer 108 ini bertujuan untuk melindungi para penumpang.

"KIR di buat untuk menguji kelayakan kendaraan untuk penumpang dan stiker gunanya menandai mobil tersebut sudah terdaftar," ungkapnya.

Sosialisasi ini, menurut Ansori mesih belum diberlakukan. "Pertanggal 1 februari, kami belum melakukan tindakan tilang terkait mobil-mobil yang belum memakai striker. Nantinya dalam menjalankan aturan, kami berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Kami menghimbau agar para usaha segera mendaftar terkait perizinan," pungkasnya. (Tio)

IPW Tolak Dwifungsi Polri
Kody Sesalkan Nama APBMI Diklaim Kelompok Lain