Kejari Bangil Beri Penyuluhan Hukum Jagobangdes

Kejari Bangil Beri Penyuluhan Hukum Jagobangdes

Potretkota.com - Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangil, Kabupaten Pasuruan, Ramdhanu Dwiyantoro telah membuat program kegiatan Jagongan Bareng Jogo Deso (Jagobangdes). Program itu dilakukan untuk memberikan pembinaan atau penyuluhan hukum kepada seluruh Kepala Desa (Kades) yang ada di Kabupaten Pasuruan.

Selain itu, program tersebut bertujuan pengelolaan pemerintah Desa bersikap secara transparasi dan akuntabel. Upaya ini dilakukan agar para Kepala Desa tidak terdampak pada permasalahan hukum.

Menurut Ramdhanu Dwiyantoro, program Jagobangdes berasal dari salah satu istilah kata kearifan lokal. Jogobangdes ini bagian dari program Jaksa Menyapa. "Intinya berjalannya program ini, berharap para perangkat desa bekerja dengan baik. Karena kita melakukan program Jogobangdes ini untuk memberikan edukasi dalam mempertanggung jawabkan Dana Desa (DD) dan batuan- bantuan lainya yang bersumber dari pusat maupun Propinsi. Biar anggaran itu berjalan dengan benar," ujarnya.

Lebih lanjut Ramdhanu menarangkan, bahwasanya program Jagobangdes ini sudah berjalan 2 tahun dirasa cukup berhasil. "Nantinya program ini kami buat semacam bentuk SOP yang sederhana agar bisa dipertanggung jawabkan keuangan sesuai aturan yang ada. Setelah kami evaluasi banyak Kades yang sembarangan dalam mempertanggung jawabkan keuangan. Kalau secara presensif kita sudah menjalankan pecegahan secara benar, akan tetapi kalau Kepala Desa tetap ngeyel menabrak aturan nanti berhadapan dengan hukum," terangnya.

Ramdhanu Dwiyantoro ingin program ini nantinya seluruh Kepala Desa beserta perangkat Desa bekerja dengan profesional, berintegritas, disiplin, akuntabel, transparan. "Dan selalu bertanggung jawab kinerja dalam menggunakan keuangan dengan sebenar benarnya," pungkasnya. (Mat)

Balita Dibunuh Ibu Kandung
Lahan BBWS Brantas di Surabaya Disoal