Kurator Diminta Kembalikan Aset Rp 4 Miliar

Kurator Diminta Kembalikan Aset Rp 4 Miliar

Potretkota.com- Pemberesan harta pailit PT Randhoetata Cemerlang (RC) yang ada di Jalan Raya Karang Asem, Desa Martupuro, Kecamatan Purwosari, bermasalah. Pasalnya tim kurator dalam melakukan eksekusi harta pailit disebut-sebut terkesan ngawur. Semua barang dalam pabrik yang tidak masuk data tertulis ikut dijualnya. Akibatnya ada harta milik pihak lain merugi Rp 4 miliar dan minta dikembalikan.

Hal itu disampaikan Agus setiawan selaku Direktur PT Agromas Jaya Lestari (AJL). Ia mengaku kecewa atas ulah tim kurator. Karena sejumlah barang berupa mesin miliknya ikut disita dan di jual. "Padahal barang tersebut cuma kami titipkan ke PT. RC, tapi kenapa ikut di sita juga oleh Bank J Trus Investments selaku kreditur. Atas hal ini, kami tidak terima dan melayangkan surat somasi ke pihak terkait," katanya pada pewarta usai ditemui dilokasi, Sabtu (24/7/2021).

Lebih lanjut Agus, akibat kejadian ini pihaknya harus kehilangan aset yang dititipkan kepada PT. RC. Sejumlah aset berupa mesin miliknya hilang dan mengalami kerugian total mencapai Rp 4 miliar. "Saya berharap sejumlah barang berupa mesin itu dikembalikan," ungkapnya.

Tak hanya itu, Agus mengungkapkan bahwasanya bukti-bukti berupa dokumen kepemilikan aset ada. "Kalau pun pihak kurator ingin bukti kepemilikan kita siap tunjukan, dan saya jamin kurator tidak punya bukti. Perlu diketahui, harusnya kurator ini sebelum eksekusi atau menjual barang harus meneliti mana saja barang yang terdaftar dalam data tertulis itu. Jangan sewenang-sewenang menjual barang atau harta pailit dibawah tangan dan tanpa dasar. Ini yang menjadikan kurator tidak menjalankan aturan sebagai mana mestiya," terangnya.

Sementara, Michael Christ Harianto salah satu Tim Kurator PT RC menegaskan bahwasanya sudah menjalankan tugas sesuai aturan berlaku. Ia menyarankan, apabila ada pihak lain yang klaim mempunyai sejumlah aset dalam pabrik tersebut silahkan tunjukan bukti ataupun dokumen kepemilikannya.

"Pada prinsipnya kurator itu independen. Kalau pun ada pihak lain yang tidak puas dengan hasil putusan PN silahkan mengajukan gugatan. Silahkan saja tunjukan bukti kalau itu memang asetnya," ujar Michael. (Mat)

Gubernur Jatim Tidak Target Waktu Vaksinasi Pelajar
Satu Pelaku Kapasan Berdara Ditangkap Polisi