Menyoal Kongkalikong Proyek Miliaran Rusunawa Penjaringansari

Menyoal Kongkalikong Proyek Miliaran Rusunawa Penjaringansari

Potretkota.com - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Pemkot Surabaya diduga kuat dalam melakukan pelelangan Pembangunan Gedung Type B Rusunawa Penjaringansari IV, Jalan Penjaringansari Timur Surabaya, telah melakukan kongkalikong terhadap pemenang lelang ‘siluman’ PT Wiratama Graha Raharja.

Hal tersebut terkuak saat lelang No 6684010 yang diikuti 71 peserta tiba-tiba dibatalkan. Dengan alasan, disebut dalam Berita Acara Hasil Pelelangan (BAHP), Nomor: 011/15108/ULP/2017, pembatalan dilakukan lantaran penawar tidak memenuhi persyaratan administrasi yang ditetapkan dalam Dokumen Pengadaan.

Adapun yang gagal evaluasi teknis yakni, PT Gentayu Cakra Wibowo, PT Elaine Karya Abadi, PT Wiratama Graha Raharja, PT Rachma Utama dan PT Kalimaya. Tertulis dengan tegas dalam Evaluasi Teknis (F4), apabila tidak ada peserta yang lulus evaluasi teknis maka pelelangan dinyatakan gagal.

(klik: Lihat Gambar Pembatalan Lelang Rusunawa Penjaringansari)

Anehnya, meski dinyatakan lelang dibatalkan, namun tetap saja PT Wiratama Graha Raharja menjadi pemenang. Bahkan, dengan membuat nilai penawaran Rp 2.869.022.000, PT Wiratama Graha Raharja mampu mengalahkan penawar terendah, yakni PT. Gentayu Cakra Wibowo dengan nilai tawar Rp 2.790.218.800 dan PT. Elaine Karya Abadi dengan nilai tawar Rp 2.799.317.000.

“Ya yang keliru dari dinas (DPRKP-CKTR) sendiri,“ kata Komisaris PT Wiratama Graha Raharja, Wiratmoko, ST pada Potretkota.com, dikantornya kawasan Jalan Pagesangan Surabaya, Rabu (27/12/2017).

BACA JUGA: Kontraktor Rusunawa Penjaringansari Salahkan DPRKP-CKTR Pemkot Surabaya

Meski dituding keliru, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) sekaligus Kasi Pembangunan Gedung DPRKP-CKTR Pemkot Surabaya Awang Wirawan, S.T, ditemui Potretkota.com pihaknya selalu menghindar. “Bapak (Awang Wirawan) tidak mau ditemui,:” kata salah satu petugas Linmas Pemkot Surabaya, Jumat (29/12/2017). (Hyu/Tio)

Koni Jatim Sosialisasi Bahaya Doping
Liburan di Surabaya, Remaja asal Bima Dibegal