Nasabah Bank Permata dan HSBC Kebobolan Rp 33 Juta
Liem Sio Ing saat mengadu ke Bank Permata Surabaya

Nasabah Bank Permata dan HSBC Kebobolan Rp 33 Juta

Potretkota.com - Liem Sio Ing, warga Jalan Mawar Surabaya harus kehilangan uang total Rp 33 juta. Uang puluhan juta tidak diberikan cuma-cuma, melainkan dibobol orang tak dikenal dari kartu kredit bank Permata dan HSBC (Hongkong and Shanghai Banking Corporation).

Perempuan kelahiran Jember 1965 ini melalui kuasa hukumnya Beryl Cholif Arrachman SH dan Wachid Aditya Ansory SH mengaku, awal terjadinya pembobolan saat Liem Sio Ing ditelepon oleh seseorang yang mengaku dari perwakilan Bank di Jakarta.

"Awal Juni 2022, korban (Liem Sio Ing) ditelpon orang yang mengaku sebagau perwakilan dari Bank dengan menggunakan nomor yang depannya 021," kata Beryl kepada Potrerkota.com, Senin (6/6/2022).

Menurut Beryl, setelah itu korban dalam telepon dijanjikan pilihan hadiah belanja atau Rp 500 ribu dengan alasan menang undian. "Orang tersebut mengatakan kepada nasabah (korban Liem Sio Ing) bahwa dapat hadiah uang Rp 500 ribu. Agar hadiah tersebut dapat diserahkan ke nasabah, maka si penelepon (021) minta disebutkan nomor kartu kredit dan angka 3 digit di belakang kartu kredit," tambahnya.

Kerana meyakini sebagai pegawai Bank, korban yang berusia 57 tahun ini kemudian memberikan angka 3 digit Kartu kreditnya. "Sore harinya si korban dapat pesan Bank, pada intinya menyebutkan bahwa kartu kredit milik korban telah digunakan utk pembayaran transaksi di Lazada sebesar Rp 24 juta (Bank Permata) dan Rp 9 juta (HSBC). Padahal korban tidak pernah transaksi atau beli sesuatu di Lazada. Bahkan akun Lazada juga tidak punya," jelas Beryl.

Mengetahui hal tersebut, Liem Sio Ing melaporkan perkara ini ke Polisi. "Mudah-mudahan pengaduan ini segera ditindaklanjuti sebagaimana mestinya, mengingat praktek penipuan dengab modus mengaku sebagai pihak perwakilan bank ini tidak hanya terjadi sekali dua kali saja. Agar di kemudian hari jangan sampai ada korban lagi," pungkas Beryl.

Akibat peristiwa ini, Beryl Cholif Arrachman SH dan Wachid Aditya Ansory SH langsung berkoordinasi dengan Bank Permata dan HSBC. Kedua bank tersebut berjanji akan menindaklanjuti pengaduan nasabah Liem Sio Ing. (Hyu)

Jelang Idul Adha 1443 H, Wabah PMK Merajalela
Bung Karno Titisan Para Jawara Curabhaya