Pelindo Regional 3 Salurkan Hewan Kurban Rp2,5 Miliar
Pelindo Salurkan Ratusan Hewan Kurban

Pelindo Regional 3 Salurkan Hewan Kurban Rp2,5 Miliar

Potretkota.com - Momen Iduladha menjadi salah satu kesempatan setiap tahunnya bagi BUMN operator pelabuhan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 turut membantu dan berbagi kebahagiaan kepada sesama dan masyarakat sekitar.

Dalam perayaan Iduladha 1443 H tahun ini, Pelindo Regional 3 kembali menyalurkan bantuan hewan kurban berupa sapi dan kambing kepada sejumlah masjid dan masyarakat di wilayah kerjanya.

Sedikitnya total 86 ekor sapi dan 13 ekor kambing dengan jumlah nominal mencapai Rp 2,5 miliar di salurkan ke 7 Provinsi di wilayah kerja Pelindo Regional 3. Sedangkan pola penyaluran bantuan kurban yang dilakukan saat ini berfokus pada penyaluran langsung berupa hewan kurban hidup ke sejumlah Masjid atau lembaga yang ditunjuk untuk nantinya akan dibagi langsung kepada masyarakat yang berhak.

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki mengatakan, program bantuan hewan kurban langsung ke masyarakat tersebut merupakan ungkapan rasa syukur dan bentuk berbagi kebahagiaan kepada sesama atas segala kemudahan sisi bisnis yang didapat selama ini.

Selain itu hal ini sebagai upaya dari Pelindo Regional 3 meningkatkan keharmonisan dengan masyarakat yang sudah terjalin sebelumnya, serta semakin mengeratkan hubungan kerja sama yang kolaboratif saling melengkapi Pelindo Regional 3 dengan masyarakat sekitar di wilayah kerjanya.

“Kami berfokus memberikan bantuan langsung hewan kurban hidup kepada masyarakat melalui tempat ibadah, kami juga berharap mampu memberikan kebahagiaan kepada sesama, khususnya masyarakat kurang mampu,” jelas Ardhy Wahyu Basuki.

Sementara itu Ketua Panitia kurban Masjid Baiturrahman Surabaya Sudarman, yang merupakan salah satu perwakilan penermina bantuan hewan kurban mengucapkan terimakasih atas penyaluran hewan kurban Pelindo Regional 3 kepada masyarakat sekitar khususnya mereka yang berada di wilayah kerjanya, hal ini dinilai semakin mendekatkan manfaat kehadiran Pelindo pada masyarakat.

Selain itu pihaknya juga berkomitmen untuk menyalurkan bantuan daging kurban potong tersebut secara langsung dengan mendatangi rumah penerima daging kurban sebagai komitmen bersama antara panitia kurban dan Pelindo.

“Alhamdulillah tahun ini kami dipercaya melakukan penyaluran hewan kurban lagi oleh Pelindo, tentunya ini menjadi wujud nyata kehadiran Pelindo di masyarakat melalui berbagai program bantuan salah satunya adalah penyaluran hewan kurban yang rutin dilakukan setiap tahunnya,” ungkap Sudarman.

(dari kiri) Himawan Estu Bagijo dan Sumargo Direktur PDS

Sementara, PT Pelindo Daya Sejahtera (PDS) menyalurkan bantuan ke 6 Provinsi di Indonesia, Jumat (8/7/2022) kemarin, telah dilaksanakan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Sumargo, Direktur PDS, kepada Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertans) Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Kepala Disnakertrans Jatim, Himawan Estu Bagijo.

Bantuan hewan kurban disalurkan melalui 6 kantor regional PDS di Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan, Bali, Jakarta, dan Sumatera Utara. Hewan kurban yang disalurkan berupa 2 ekor sapi dan 8 ekor kambing.

Penyaluran Hewan Kurban di TPK Semarang

Terpisah, Sabtu (9/7/2022).PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) menyalurkan ratusan hewan kurban kepada masyarakat. Sedikitnya 127 hewan kurban yang terdiri dari 87 ekor sapi dan 40 ekor kambing disalurkan melalui 27 terminal yang tersebar di seluruh area kerja perseroan.

Corporate Secretary SPTP Widyaswendra mengatakan, hewan kurban disalurkan dalam kondisi hidup dan sehat melalui sejumlah masjid dan lembaga sosial keagamaan di sekitar area kerja perusahaan. Selanjutnya pemotongan dan distribusi daging hewan kurban diserahkan secara penuh kepada pihak masjid dan lembaga sosial keagamaan terkait.

"Penyaluran hewan kurban ini sekaligus untuk meningkatkan hubungan harmonis perusahaan dengan masyarakat yang selama ini sudah terjalin dengan baik," jelas Widyaswendra. (Hyu)

Damai Sekawan Marine Bakar Kapal Surya Chandra
Secuil Potret PMKH di Indonesia