Pemudik Serbu Program Angkutan Motor Gratis

Pemudik Serbu Program Angkutan Motor Gratis

Potretkota.com - Direktorat Jendral Perkeretaapian Kementrian Perhubungan kembali mengelar mudik angkutan motor gratis dengan kereta api di dua stasiun di Surabaya yakni Stasiun Pasar Turi dan Stasiun Gubeng.

Hari pertama diselenggarakan pada tujuh hari sebelum lebaran antusias pemudik meningkat dibanding tahun sebelumnya. Hal itu disampikan petugas Dirjen Perkeretaapian Kementrian Perhubungan, Sonyanto.

“Ini merupakan langkah nyata pemerintah untuk menghimbau pemudik motor untuk memilih moda transporatsi yang aman, juga menekan angka kecelakaan lalu lintas pada mudik lebaran 2018,” kata Sonyanto pada wartawan.

Terlihat, hari pertama baru di gelar program gratis puluhan sepeda motor siap dikirim ke berbagai daerah di pulau Jawa. Pada program kali ini, pemerintah menyiapkan total kapasitas motor yang diangkut menggunakan kereta api sebanyak 18.096 unit motor selama tiga belas hari yang terbagi dalam tiga rute keberangkatan pulang pergi, jalur utara dan selatan tujuan Jakarta melalui dua Stasiun Gubeng dan Stasiun Pasar Turi.

Pelaksanaan angkutan motor gratis pada arus mudik ini dilaksanakan mulai tanggal 8 Juni hingga 13 Juni 2018. Sedangkan untuk arus balik dilaksanakan selama tujuh hari mulai tanggal 19 Juni hingga 25 Juni 2018.

“Pemudik yang ingin fasilitas ini bisa mendaftar melalui online. Hanya mengisi formulir serta data kelengkapan kendaraan. Pemohon akan diberi barcode untuk mencocokkan pemilik dengan kendraan saat tiba di stasiun tujuan,” tutup Sonyanto. (KF)

Mahkamah Agung Terbitkan Aplikasi E-Court
PT Pelindo III Siapkan 14.000 Tiket Bus Gratis