Saksi Bulusari Foto Barsama di Ruang Sidang Tipikor
foto besama saksi korupsi Bulusari

Disambut Tawa Pengunjung

Saksi Bulusari Foto Barsama di Ruang Sidang Tipikor

Potretkota.com - Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pasuruan, Dimas Rangga Ahimsa, dalam perkara yang menjerat Samut terdakwa korupsi Desa Bulusari, menghadirkan beberapa saksi di Pengadilan Negeri (PN) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya.

Diantaranya, Andika Setya Budi Kasubsi Pengukuran dan Pemetaan Tematik BPN, Joko Maryono Pertanahan, Drs. Eddy Supriyanto, MM Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu sekarang menjabat Kepala Bakesbangpol Kabupaten Pasuruan, Hardianto, Kepala Bidang Pengendalian Dan Pencemaran Lingkungan Hidup.

Kepala Satpol PP Kabupaten Pasuruan Bakti Jati Permana, Fathurrahman Kabid Pengendalian Keuangan Daerah, sekarang di Dinas Komunikasi Dan Informatika dan Muhammad Syafii pesiunan Pendapatan Daerah.

Dalam persidangan, semua saksi menyatakan jika tambang Galian C di Jurang Pelen Desa Bulusari Kabupaten Pasuruan yang dikeruk PT Teja Sekawan dan PT Prawira Tata Pratama tidak ada izinnya. Karena itu, negara dirugikan Rp 3,3 miliar.

Usai memberikan keterangan, salah satu saksi meminta izin agar diperbolehkan berfoto diruang sidang. “Izin yang mulai, apa kami boleh foto bareng,” celetuk salah satu saksi diruang Cakra PN Tipikor Surabaya, Selasa (19/4/2022).

Mendengar ada pertanyaan, Ketua Majelis Hakim Darwanto, SH MH didampingi Hakim anggota Alex Cahyono SH MH, Fiktor Panjaitan SH MH, pun mengaminnya. “Boleh,” singkatnya.

Tanpa pikir panjang, hampir semua saksi yang dihadirkan JPU langsung berdiri mengambil posisi untuk foto bersama. BERITA TERKAIT: Habib Smith Disebut Dalam Sidang Korupsi Bulusari

Namun, karena sidang belum ditutup, Ketua Majelis Hakim langsung melarangnya. “Lho, ini sidang belum ditutup, ayo kembali,” kata Darwanto sambil mengetuk palu dihadapannya, yang akhrinya disambut tawa pengunjung sidang.

Karena sudah ditutup, para saksi diruang sidang kembali ambil posisi foto bersama jaksa dan pengacara. Terdakwa Samut mengetahui hal ini kemudian perlahan pergi meninggalkan layar monitor teleconference.  (Hyu)

Habib Smith Disebut Dalam Sidang Korupsi Bulusari
Pledoi Shodikin: Tolong Bebaskan Saya