Tiket Masuk Wisata Kenpark Diduga Lolos Pajak
Tiket masuk Kenpark, Surabaya.

Tarif Parkir Mahal

Tiket Masuk Wisata Kenpark Diduga Lolos Pajak

Potretkota.com – Bukan hanya persoalan pencantuman asuransi pada tiket pengunjung wahana wisata di Kenjeran Park (Kenpark) Surabaya, namun juga soal retribusi pajak tampaknya perlu dipertanyakan pula. Pasalnya, pada tiket masuk dari gerbang utama Kenpark saja hanya tertulis Kenjeran Park, tanggal, waktu, jenis kendaraan, jumlah, pembayaran, total, nama penjaga loket, dan ucapan terima kasih.

Selain biaya tiket masuk sebesar Rp15.000 bagi pengunjung yang sendirian menggunakan motor, pengunjung juga harus membayar biaya lain berupa parkir di titik-titik tertentu yang merupakan bagian wahana wisata tepi laut Kenjeran Park. Parahnya lagi, tarif parkir yang cukup merogoh kocek, pada tiket parkir tidak tercantum besaran pajak yang harus dibayar pengunjung.

Mengingat seusai hearing yang digelar di Komisi D DPRD Kota Surabaya, pada Senin 9 Mei 2022 lalu, Ketua Komisi D Khusnul khotimah menyoal asuransi bagi pengunjug yang seharusnya tertera pada tiket masuk wahana wisata Kenpark, Surabaya. Menurutnya, hal tersebut merupakan suatu keharusan yang apabila tidak dilakukan maka akan berdampak pidana.

Berita terkait: Tiket Masuk Kenpark Surabaya Tidak Berasuransi

"Tiket yang tidak tercantum asuransi, seharusnya itu tidak boleh dan itu bisa berdampak ke pidana. Kami mengundang pihak asuransi dan pihak management, kenapa disitu (tiket masuk) tidak dicantumkan (asuransinya)? Jelas harga tiketnya sangat mahal. Pastinya pengunjung siap membayar tidak murah, pengunjung juga ada jaminan keamanan, kenyamanan selama mengunjungi tempat tersebut," kata Khusnul, Senin lalu, (09/05/2022).

Saat disinggung soal restribusi pajak di setiap pariwisata, Khusnul mengaku belum mengetahuinya. Tetapi menurutnya, hal itu seharusnya juga ada. Jadi tidak hanya terbatas pada pencantuman asuransi pada tiket masuk wahana wisata Kenpark, Surabaya. "Untuk itu, saya gak lihat ya, tapi seharusnya mereka itu ada, termasuk juga parkir disitu sangat mahal mulai dari 20 sampai 25 ribu," tandasnya.

Berdasarkan hasil penelusuran Potretkota.com di kawasan wisata legendaris itu, terlihat di gerbang utama Kenpark, tertera tulisan tiket masuk motor sebesar Rp15 ribu, untuk mobil mulai Rp20 hingga Rp25 ribu. Sementara pada tiket masuknya sendiri, hanya berupa tiket yang dicetak dengan printer, tanpa ada porporasi pajak parkir dari pemerintah Kota Surabaya.

Semantara itu, saat dikonfirmasi terkait pajak wisata dan pajak parkir kendaraan di dalam Kenpark, Kepala manajemen Staf Operasional PT. Bangun Citra Wisata (BCW) Subandi, ia mengaku tidak tahu menahu terkait hal tersebut. Persoalan asuransi dan pajak wahana wisata Kenpark menurutnya adalah urusan General Manager Kenjeran Park Paul Steven.

"Kalau itu saya gak tau, itu bagiannya pak Paul selaku GM Kenpark," jawab Subandi singkat melalui pesan Whatsapp, Rabu, (11/05/2022). Sedangkan Paul Steven sendiri tampaknya lebih memilih bungkam soal asuransi dan pajak wahana wisata Kenjeran yang dikelolanya. Konfirmasi Potretkota.com melalui Whatsapp tidak digubris.

Sebagaimana diketahui, wahana wisata Waterpark, Kenjeran Park Surabaya seketika menjadi heboh sesaat Waterslide yang ada di dalamnya tiba-tiba ambrol hingga mengakibatkan belasan pengunjung mengalami luka-luka. Seluruh korban dilarikan ke RUSD Dr. Soewandhi dan RSUD Dr Soetomo. Kabar terakhir, salah satu korban mengalami cacat permanen. (SA)

Dalam Kurun 4 Tahun 500 Kasus Rabies 16 Meninggal
Sidang Korupsi Rudhy Dwi Chrysnaputra Rp 75 Miliar