Warga Wonosari Sulap Tempat Sampah Jadi Wisata

Warga Wonosari Sulap Tempat Sampah Jadi Wisata

Potretkota.com - Warga Desa Wonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan memiliki cara unik mengemas Tempat Pembuangan Sampah (TPS), yakni disulap menjadi lokasi wisata. Lokasi wisata itu, dihiasi dengan taman bunga dengan diberi kursi dan meja. Tak kala pentingnya pemandanganya cukup indah banyak pohon pinus disekelilingnya.

Atas hal itu, Pemerintah Desa (Pemdes) setempat dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) sepakat kalau lokasi itu diubah menjadi tempat wisata. Sebab kalau dibiarkan lahan yang dibuangi sampah tersebut akan menjadi kumuh dan liar.

Kepala Desa Wonosari Herlambang menyampaikan, dulu dilokasi tersebut hampir tiap hari dibuangi sampah. "Namun kini atas kesadaran bersama, tempat itu dijadikan wisata. Biar tidak ada lagi orang yang membuang sampah sembarangan," katanya.

Pada prinsipnya gerakan yang dijadikan tempat wisata itu atas inisiatif atau masukan dari anggota DPRD Kabupaten Pasuruan fraksi Golkar, Sugiarto. Sehingga pembangunan tempat wisata seluas 400 meter tersebut terlaksana dengan baik. Dari gagasan itulah warga bersama LMDH kompak membersihkan tempat yang dipenuhi sampah.

Menurut Herlambang, tempat yang dibuangi sampah oleh oknum itu milik lahan Perhutani. "Waktu buangnya sampah tidak berijin. Apalagi, sampah itu sampai menumpuk dan meluber ke jalan desa. Karena itulah kita peduli terhadap lingkungan jangan sampai tercemar. Berharap masyarakat harus tetap menjaga lingkungan, makanya kita lestarikan lahan itu dengan cara seperti ini," paparnya.

Lebih lanjut Herlambang, kedepan bercita-cita akan terus benahi lahan itu. "Untuk sementara ditempat wisata itu, kita beri taman bunga, tapi ke depan, akan kami buat wisata. Kami beri spot untuk berswafoto di sini. Kebetulan, pemandangannya sangat indah sekali," terangnya.

Terpisah, Sugiarto, anggota DPRD Kabupaten Pasuruan mengapresiasi masyarakat setempat yang sudag peduli terhadap lingkungan. Politisi Partai Golkar ini berkomitmen untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan taman. "Harapannya, ini bisa menjadi tempat wisata rintisan yang bisa sedikit memberikan masyarakat hiburan. Saya juga mendorong Pemdes lebih tegas kepada oknum yang tetap nakal membuang sampah sembarangan," jelasnya. (Mat)

Pemodal Kayu Sonokeling Lampung Segera Sidang
Penyimpanan BB di Polrestabes Surabaya Semrawut